Jenis Forklift yang Biasa Dipakai Industri

Konten [Tampil]


Pada bidang industri, kerap kali Anda melihat alat yang digunakan operator untuk memindahkan barang. Baik barang masuk maupun barang keluar. Alat inilah yang biasanya disebut sebagai forklift. Namun, alat ini memiliki berbagai jenis sesuai dengan kegunaannya. Oleh karena itu, mari simak terus informasi terkait dengan jenis forklift berikut ini.


Jenis Forklift dan Pengertiannya

Forklift adalah alat yang berbentuk seperti memiliki garpu pada bagian depan. Alat ini digunakan untuk mengangkat benda-benda berat dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Hanya saja, alat ini dioperasikan untuk jarak pendek tertentu, seperti di dalam ruangan khusus, atau di dalam area pabrik atau gudang. Oleh karena itu, banyak jenis forklift yang ada di pasaran, untuk memenuhi kebutuhan industri yang bervariasi.


Baca Juga: 4 Jenis Scaffolding yang Harus Diketahui Anak Teknik Sipil


Jenis-Jenis dari Forklift

Dalam memenuhi kebutuhan industri, forklift yang ada di pasaran terdapat berbagai jenis. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan industri yang bervariasi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  1. Warehouse Forklift (Forklift Gudang)


scuindonesia.com

Sesuai dengan namanya, forklift ini paling sering digunakan pada pergudangan. Forklift yang sering digunakan dalam fasilitas dengan jumlah besar ini digunakan untuk memuat dan menurunkan palet atau material secara seimbang. 


Selain itu, forklift jenis ini juga bisa mengangkut beban dengan kapasitas satu hingga dua ton yang biasanya diambil dari kendaraan pengiriman. Adapun beberapa tipe dari warehouse forklift ini diantaranya :


  • Side Loader Forklift












totalforklift.com

Forklift ini merupakan bagian dari forklift gudang. Dalam penggunaannya, forklift jenis ini dapat ditemukan pada bagian fasilitas manufaktur dengan beban berat dan juga tebal, maupun pada pusat servis baja. Sesuai dengan namanya, operator akan berdiri di kabin atau kompartemen yang ada di samping. 


Baca Juga: Mengenal Komponen dan Fungsi Wheel Loader


Dikarenakan pemuat samping mengeluarkan benda disisinya dan pengoperasioannya dari samping, forklift ini lebih mudah dikendarai saat berada di samping rak. Tujuannya tidak lain  untuk memuat dan membongkar muatan atau material, tanpa harus berbelok.


  • Counterbalance Forklift

gruasyaparejos.com

Forklift jenis ini memiliki berat di bagian belakang kendaraan untuk mengimbangi berat beban material yang dibawa. Sesuai dengan namanya, forklift jenis ini tidak memiliki perpanjangan lengan, sehingga memiliki kemampuan untuk pindah langsung ke beban yang diangkat. 


  1. Telehandler Forklift









adaptalift.com.au

Forklift yang disebut forklift teleskopik ini memiliki boom dan lengan yang dapat diperpanjang, sehingga membuat kombinasi antara derek dan forklift. Jenis forklift yang satu ini memiliki garpu kembar yang melekat pada lengan, yang berfungsi untuk memindahkan palet dari tanah. Sedangkan kapasitasnya sebesar 5.500 pon, dan ketinggian hingga 19 kaki di udara. Oleh karena itu, forklift ini cocok digunakan untuk menjangkau ruang sempit dan sudut aneh.


Itulah beberapa informasi mengenai jenis forklift yang biasanya sering dijumpai dalam industri. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja, sebelum mengendarai alat ini. Pastikan juga operator telah memiliki sertifikat kompetensi.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama