Mengenal Komponen dan Fungsi Wheel Loader

Konten [Tampil]


Rental – Info Forklift




Apakah Anda pernah melihat kendaraan alat berat beroda ban karet yang biasa digunakan untuk mengangkut material dan memindahkannya ke tempat lain? Alat yang banyak berguna di bidang pekerjaan konstruksi tersebut bernama wheel loader. Tak hanya berguna untuk memindahkan material saja, ternyata fungsi wheel loader ini juga cukup banyak loh. 



Baca : Mengenal Apa Itu Loader



Berbagai fungsi yang dipunyai tersebut tak lepas, karena alat ini dilengkapi oleh komponen-komponen yang multi fungsi. Oleh karena itu, alat berat yang satu ini dapat melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Tak heran apabila wheel loader saat ini banyak digunakan di bidang pekerjaan yang lebih luas, tak hanya konstruksi saja. Penasaran dengan komponen dan fungsi dari wheel loader? Berikut ini adalah penjelasan tentang komponen dan fungsinya. 

Fungsi Wheel Loader dan Komponennya

Komponen yang terdapat dalam alat berat wheel loader cukup berbeda dengan alat berat lain yang memiliki fungsi serupa. Berikut ini adalah komponen-komponen dari wheel loader.



1.Kabin

Komponen pertama yang ada di wheel loader adalah kabin. Komponen Kabin ini merupakan tempat dimana operator wheel loader mengendalikan, menjalankan, dan mengoperasikan wheel loader. Bentuk dari kabin ini berupa bilik kaca yang dipasang di tengah loader, dan terdiri dari pintu, tempat duduk, dan alat-alat pengendali loader



2. Lift Arm

Lift arm merupakan komponen yang sering disebut juga dengan lengan dari wheel loader. Letaknya berada depan wheel loader. Fungsi dari komponen ini adalah mengangkat ember depan yang ada pada wheel loader



3. Bucket

Bucket adalah komponen yang berupa ember atau sekop besar yang terletak pada bagian paling depan wheel loader. Fungsi dari komponen ini adalah untuk mengangkat material. Biasanya, dalam suatu wheel loader telah dilengkapi beberapa bucket, yang dibedakan berdasarkan jenis material yang diangkut. 



Fungsi Wheel Loader

Wheel Loader

Komatsu.co.id



Tak hanya mengangkut material dan memindahkannya, wheel loader ternyata memiliki beberapa fungsi lain. Berikut ini adalah fungsi wheel loader yang perlu untuk diketahui.  Diantaranya:



1.Memindahkan Material dalam Jarak Dekat

Fungsi pertama dan paling umum diketahui adalah memindahkan material jarak dekat. Alat ini hanya mampu memindahkan material dari jarak dekat, karena memang komponen arm bucket yang dimiliki oleh alat ini tidaklah panjang. Oleh karena itu, material yang dapat dijangkau pun hanya material yang dekat saja. 



2. Meratakan Timbunan Tanah

Fungsi wheel loader selanjutnya adalah meratakan timbunan tanah. Untuk meratakan timbunan tanah, wheel loader melakukannya dengan cara mendorong timbunan tanah tersebut dengan komponen bucket, hingga semua bagiannya menjadi rata. 



3. Mengelupas Bagian Tanah yang Kurang Bagus

Selain kedua fungsi di atas, wheel loader juga memiliki fungsi untuk mengelupas bagian tanah yang kurang bagus. Dengan memanfaatkan ujung bucket yang tajam, maka pekerjaan ini dapat terselesaikan dengan mudah. 



4. Mengambil Material 

Walaupun wheel loader memiliki kapasitas bucket yang tidak terlalu besar, namun alat ini juga mampu digunakan untuk mengambil material. Dimana material yang diambil ini akan ditempatkan ke dalam bucket, sehingga dapat ditempatkan di tempat yang sudah ditentukan.



Itulah informasi lengkap mengenai komponen dan fungsi wheel loader yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat memberikan pemahaman bagi Anda untuk mengidentifikasi berbagai jenis alat berat yang biasa digunakan dalam bidang pekerjaan konstruksi. 







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama