Apa Itu HIRADC? Ini Bedanya dengan JSA

Konten [Tampil]

 

Kali ini kami akan menjawab rasa penasaran banyak orang khususnya yang baru masuk dunia K3LH tentang apa itu HIRADC. Banyak orang yang salah bahwa menganggap HIRADC ini sama dengan JSA. Akan tetapi sebenarnya keduanya sangat berbeda. Nah apa saja perbedaannya?


Apa itu HIRADC



Pengertian HIRADC 


HIRADC adalah singkatan dari Hazard Indentification and Risk Assesment Determining Control. Definisi dari HIRADC adalah metode penilaian risiko dari suatu pekerjaan yang ada di suatu perusahaan sehingga bisa memperoleh gambaran prioritas pekerjaan mana dulu yang harus kita kendalikan bahayanya. Hal ini bersinggungan dengan pembiayaan, yang mana biaya untuk K3 dalam suatu perusahaan biasanya terbatas. Oleh karena itu, sebagai ahli K3 kita harus tahu mana yang harus jadi prioritas yang mana biasanya memiliki risiko tertinggi.


Memahami apa itu HIRADC sebenarnya hampir mirip dengan JSA. Adapun JSA adalah Job Safety Analysis. Definisi dari JSA adalah metode yang digunakan untuk mendeskripsikan bahaya dan risiko dari suatu pekerjaan yang diberi penjelasan secara mendetail step per step pekerjaannya. Akan tetapi, dalam JSA kita tidak menemukan perhitungan nilai risikonya.


JSA sering dipakai untuk mengetahui dan memberitahu pada pekerja dan karyawan terkait dari bahaya setiap langkah pekerjaan. Persamaan dengan HIRADC adalah pada kolom penulisan per langkah pekerjaan yang ada bahaya dan risikonya. Akan tetapi, di HIRADC terdapat kolom perhitungan dari tingkat kepasrahan dan nilai risikonya.


Tujuan HIRADC dan JSA


Memahami pertanyaan apa itu HIRADC, kita harus tahu tujuan masing-masing istilah ini. Untuk JSA sendiri bertujuan untuk memberikan gambaran bahaya dari risiko langkah per langkah dari suatu pekerjaan. HIRADC bertujuan untuk menilai risiko dari semua pekerjaan yang ada. 


Jantung dari ilmu K3 adalah pengidentifikasian bahaya. Oleh karena itu, baik JSA dan HIRADC adalah poin yang harus diketahui oleh seorang ahli K3 di suatu perusahaan. Baik HIRADC maupun JSA perlu dievaluasi dan dibuat perbaikan secara berkala. Mengapa? Karena bisa saja ada faktor penilaian yanh sudah tidak relevan dengan kondisi pekerjaan. Oleh karena itu, HIRADC dan JSA harus selalu direvisi untuk perbaikan.


Penerapan yang maksimal dari JSA dan HIRADC ini bisa diprint lalu dipajang pada setiap titik pekerjaan yang relevan dengan bahaya. Dengan begitu, pekerja dan karyawan bisa memahami apa yang ditulis pada form JSA HIRADC sehingga mereka tahu kondisi bahayanya. Dengan begitu, kecelakaan kerja bisa dicegah sedini mungkin.


Orang yang Bertugas Menyusun HIRADC 


Menyambung pertanyaan apa itu HIRADC, mungkin ada pertanyaan lain terkait dengan hal ini. Siapa orang yang menyusun HIRADC/ JSA? Banyak orang yang salah bahwa pengurusan HIRADC dan JSA dilakukan oleh ahli K3 tapi itu salah. 


HIRADC dan JSA disusun oleh ahli K3,  Engineer, Logistik dan bagian teknik atau produksi. Dengan begitu tidak hanya dilakukan oleh ahli K3 saja. Mereka yang menyusun HIRADC harus duduk berdampingan lalu berdiskusi secara mendalam tentang banyaknya proses pekerjaan yang produksi. 


HIRADC adalah perwujudan dari PP No 50 Tahun 2012 tentang SMK3. HIRADC terfokuskan pada aspek perencanaan yang mana perusahaan harus mengidentifikasi bahaya, menilai risiko serta menentukan pengendalian bahaya. HIRADC sendiri adalah persyaratan dari OHSAS 18001. 


Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu HIRADC. Sekarang pasti lebih paham kan tentang HIRADC dan JSA. Jangan sampai salah lagi ya Safetyzen!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama