Inilah 4 Dampak Perubahan Iklim terhadap Kesehatan, Patut Anda Ketahui!

Konten [Tampil]

Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan


Perubahan iklim memang tidak hanya terjadi saat ini sebelumnya beberapa kali pernah terjadi. Adanya perubahan iklim membuat kita harus waspada akan menghadapinya, sebab banyak dampak buruk yang terjadi akibat perubahan tersebut.

Dampak perubahan iklim banyak dirasakan oleh mahluk hidup, baik manusia, hewan, atau tumbuhan. Bahkan buruknya, mempengaruhi kesehatan para penduduk bumi. Lantas, bagaimana dan apa saja bentuk dari dampak perubahan iklim terhadap kesehatan?


4 Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan ada di Bawah Ini

Perubahan iklim dapat memengaruhi beberapa faktor sehingga memengaruhi kesehatan mahluk hidup terlebih manusia. Di antara dampak perubahan iklim terhadap kesehatan yakni:


  1. Dampak dari Cuaca yang Ekstrem

Perubahan iklim tentu membuat cuaca menjadi lebih ekstrem, baik itu cuaca panas yang ekstrem dan atau curah hujan yang tinggi. Kedua cuaca ekstrem tersebut sangat memengaruhi kesehatan. Misalnya, cuaca panas yang ekstrem dapat memengaruhi kesehatan jantung, pernapasan, bahkan peningkatan alergen udara yang dapat memicu asma. 

Sedang untuk curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan ketersediaan air bersih yang berkurang sehingga dapat menularkan penyakit melalui air, misalnya dapat memicu penyakit diare dan masih banyak hal lainnya yang diakibatkan dari dampak perubahan iklim terhadap kesehatan.


  1. Memengaruhi Kesehatan Mental

Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan yakni pada kesehatan mental. Sebab, perubahan cuaca yang terlalu ekstrem bisa berdampak pada emosi seseorang sehingga mengakibatkan stres ataupaun penyakit psikis lainnya.  Semisal seseorang yang ditinggali oleh orang tercinta akibat perubahan iklim ini.


  1. Adanya Infeksi Kesehatan

Selanjutnya dampak perubahan iklim terhadap kesehatan yakni adanya sebuah infeksi. Tentu perubahan cuaca yang terlalu ekstrem dapat memicu penyakit yang ditularkan melalui gigitan serangga ataupun binatang yang memiliki darah dingin dan melalui penularan yang berasal dari air. 


  1. Kesehatan yang Dipengaruhi Bencana Alam Perubahan Iklim 

Dampak perubahan iklim pun dapat mengakibatkan bencana alam seperti ketinggian air laut yang meningkat sehingga dapat merusak fasilitas masyarakat, seperti fasilitas kesehatan.  Adanya bencana banjir yang memengaruhi kesehatan masyarakat, dan lainnya. 

Anda kini sudah mengetahui banyak hal yang diakibatkan oleh dampak perubahan iklim terhadap kesehatan, akan tetapi dengan tanpa data tentu membuat orang menghiraukan dampak perubahan tersebut. Kali ini kami menyajikan beberapa data dampak perubahan iklim terhadap kesehatan


Begini Data Mengenai Dampak Perubahan Iklim 

Indonesia memang merupakan Negara yang rentan akan perubahan terhadap iklim. Seperti yang terjadi pada tahun 2020 Indonesia dihadapkan dengan berbagai tantangan, seperti cuaca panas dan curah hujan yang ekstrem, hingga menelan banyak korban akibat bencana perubahan cuaca ekstrem. Bahkan menurutkan pada BMKG setelah tahun 2016, tahun 2020 adalah tahun terpanas yang kedua. 

Kini Indonesia dihadapkan pada perubahan iklim global yang terus terjadi, salah satunya  LA Nina yang dapat mengakibatkan cuaca ekstrem. Dampak dari fenomena  perubahan tersebut biasanya berupa kekeringan dan hujan basah dengan waktu yang panjang. 


Solusi Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan

 Banyaknya data yang diberikan oleh BMKG, kita seharusnya menyikapi dengan berbagai solusi. Langkah awal  yang mudah untuk mengatasi dampak perubahan iklim terhadap kesehatan yang bisa dilakukan oleh Anda ,yakni untuk meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terpapar virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.  

Selain itu, Anda pun harus selalu siap siaga dalam menghadapi bencana alam yang diakibatkan oleh perubahan iklim.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama