Begini Cara Penggunaan Gas Detector Yang Wajib Anda Ketahui

Konten [Tampil]



Penggunaan gas detector

Sumber gambar : cbinstrument.com




Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat, tidak heran jika saat terjadi suatu peristiwa kebocoran gas di suatu tempat maka bisa dideteksi hanya dengan menggunakan sebuah alat saja. Bagi Anda yang tidak bekerja dalam bidang yang menangani suatu gas pasti asing dengan istilah gas detector. Maka dari itu simak  pengertian dan cara penggunaan gas detector berikut ini. 

Saat Anda bekerja di suatu bidang yang bergelut dengan partikel gas pasti tidak asing dengan sebuah alat bernama gas detector. Nah untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti gas meledak atau kebakaran, maka gas detector memiliki peran penting. Agar lebih paham apa itu gas detector dan cara penggunaannya maka yuk simak ulasan berikut ini! 





Inilah Cara Penggunaan Gas Detector 

Yuk simak selengkapnya tentang informasi penggunaan gas detector dengan tepat agar terlindung dari bahaya dan bisa aman!



Apa Itu Gas Detector?

Fungsi Gas detector merupakan sebagai pendeteksi atau penunjuk keberadaan gas pada suatu tempat atau ruangan di manapun. Jadi alat ini pada umumnya akan digunakan di sebuah industri yang berhubungan dengan tempat yang rawan terjadinya gas bocor seperti lokasi pertambangan, tempat kilang minyak, dan industri pabrik. 

Jadi alat gas detector berperan sangat penting apalagi jika banyak gas kimia beracun yang mungkin menyatu dengan udara yang dan nantinya akan dihirup dan bisa membahayakan manusia, terutama pada tempat yang terekspos oleh berbagai bahan kimia. 



Cara Kerja Alat Gas Detector

Untuk cara penggunaan gas detector yang berfungsi untuk mencegah terjadinya dampak buruk terutama saat terjadi kebocoran gas pada suatu tempat atau ruangan tertentu, alat ini bisa digunakan dengan melalui dua cara yaitu :


  1. Penggunaan Cara Pertama 

Pada  cara penggunaan gas detector yang pertama ini dengan alat gas yang dipasang terhubung dengan control system sehingga mesin atau alat tertentu bisa langsung berhenti berfungsi secara otomatis sesaat saja setelah gas detector akan mendeteksi terjadinya kebocoran gas tersebut. 

  1. Penggunaan Cara kedua 

Untuk cara penggunaan gas detector yang kedua alat gas detector tersebut bisa juga memberikan tanda peringatan berupa bunyi alarm atau lampu yang menyala pada saat terjadinya kebocoran gas terjadi sehingga orang yang berada di area tersebut akan mendapatkan peringatan untuk segera melakukan penyelamatan diri. 

Nah sekarang Anda sudah mengetahui tentang pengertian dan cara penggunaan gas detector untuk mencegah terjadinya bahaya. Sekian semoga bermanfaat dan selamat membaca.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama