Rekomendasi Universitas dengan Jurusan K3

Konten [Tampil]

 



Tips, Universitas K3, Jurusan K3.

Jurussn K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja mulai hadir di jajaran universitas negeri yang ada di Indonesia.Hal ini sangat wajar dikarenakan banyaknya peristiwa kecelakaan di Indonesia lebih banyak daripada tenaga kerja dibidang Keselamatan dan Kesehatan. Namun, Informasi dan publikasi dari jurusan KE masih belum massif. Dari hal itu, dalam artikel ini akan dijabarkan rekomendasi Universitas yang memiliki jurusan K3.


Rekomendasi Universitas dengan Jurusan K3


Ada beberapa jenis universitas yang ada di Indonesia. Mulai dari jenjang diploma, Strata 1, strata 2, strata 3 dan program profesor. Pada artikel ini akan dijelaskan universitas dengan jurusan K3 dari jenjang Diploma, Stara Satu, dan Strata Dua.


A. Program Diploma


Pada program Diploma ada  tiga macam universitas yang memiliki program diploma jurusan K3.


1. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya


Rekomendasi pertama program diploma universitas dengan jurusan K3 adalah politeknik perkapalan Negeri Surabaya.Program Studi Teknik K3 telah memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi nasional (B, 101, dan strata 2AN-PT) dengan No.004/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-IV/VII/2010 ,tanggal 9 Juli 2010



2. Universitas Airlangga.


Rekomendasi kedua program Diploma Universitas dengan jurusan K3 adalah Universitas Airlangga. Jurusan K3 pada Universitas Airlangga berada dalam naungan fakultas kesehatan masyarakat FKM Unair. Jurusan K3 pada fakultas Kesehatan Masyarakat atau FKM Unair telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.



3. Universitas Sebelas Maret

Rekomendasi ketiga program diploma Universitas dengan Jurusan K3 Adalah program diploma III dan IV dari Universitas Sebelas Maret. Program ini berada dalam naungan fakultas kedokteran yang didirikan pada 24 Juni 2005. Program Diploma Jurusan K3 mendapatkan Akreditasi B dari BAN PT hingga 2018.



B. Strata Satu

Setelah mengetahui beberapa jenis universitas dengan program Diploma jurusan K3, sekarang akan dijelaskan jenis universitas dengan program Strata satujurusan K3. Pada jenjang Strata satu terdapat delapan universitas yang memiliki jurusan K3 di kampusnya.


1. Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.


Rekomendasi pertama Universitas dengan Jurusan K3  adalah Universitas Islam Negeri Jakarta Atau yang akrab di kenal dengan UIN Jakarta. Jurusan K3 di UIN Jakarta berada dalam Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Program Studi Kesehatan Masyarakat Memiliki Akreditasi B yang sesuai dengan keputusan BAN-PT No.192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/8/IX/2013.


Program studi ini didirikan sebagai jurusan yang menghasilkan lulusan yang mampu mengolaborasikan antara  ilmu kesehatan dan ilmu keislaman yang mampu bersedia bekerja di seluruh pelosok tanah air. Lulusan dari program studi ini akan mendapatkan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM)



2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)


Rekomendasi kedua Universitas dengan Jurusan K3  adalah Universitas Negeri Jakarta Atau yang akrab di kenal UNJ. Universitas Negeri Jakarta bekerjasama dengan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pembentukan program studi Strata 1 Teknik Keselamatan dan Proteksi Kebakaran. Program studi ini nuali berdiri pada tahun ajaran 2011/2012. Program studi ini masuk dalam jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Kerjasama UNJ dengan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah terlansir dalam nota kesepakatan nomor 47/H39/DT/2011 dan 4195/-072. Studi ini telah mendapatkan 37 Mahasiswa dalam tahun pertamanya.



3. Universitas Veteran Pembangunan Nasional (UPN Jakarta)


Rekomendasi ketiga Universitas dengan Jurusan K3  adalah Universitas Veteran Pembangunan Nasional  atau yang akrab dikenal dengan UPN Jakarta. Jurusan K3 di UPN Jakarta berada dalam fakultas ilmu kesehatan program studi kesehatan masyarakat. Program studi kesehatan masyarakat di UPN Jakarta memiliki akreditasi B dari pemerintah pada tahun 2013.



4. Universitas Indonesia (UI)


Rekomendasi keempat Universitas dengan Jurusan K3  adalah Universitas Indonesia atau yang akrab dikenal dengan UI. Jurusan K3 Universitas Indonesia berada dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat. Ada lima bidang keilmuan yang di kembangkan oleh fakultas kesehatan masyarakat UI dalam departemen K3 yaitu Kesehatan Kerja (Occupational health), Keselamatan Kerja (Occupational safety), Ergonomi (ergonomic), Higiene Industri (Industrial Hygiene), Faktor manusia dan perilaku dalam K3 (Human Factor and behavior in OHS).



5. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)


Rekomendasi kelima universitas dengan jurusan K3 adalah Universitas Jendral Sudirman atau yang sering disapa Unsoed. Jurusan K3 di Universitas jenderal Soedirman berada dalam naungan fakultas ilmu kedokteran dan ilmu-ilmu kesehatan jurusan K3 di Universitas jenderal Soedirman telah mendapatkan akreditasi B dari BAN PT.



6. Universitas Diponegoro (UNDIP)


Rekomendasi keenam universitas dengan jurusan K3 adalah Universitas Diponegoro atau yang sering disapa UNDIP. Jurusan K3 di Universitas Diponegoro berada dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat. Berdirinya fakultas ini berawal dari dari terbitnya Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro No.01/SK/PT.09/1985 tanggal 4 Januari 1985 tentang berdirinya Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (PSKM-FK UNDIP).. Fakultas Kesehatan Masyarakat di  Universitas Diponegoro mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan ISO 9001:2008.



7. Universitas Negeri Semarang (UNNES)


Rekomendasi ketujuh universitas dengan jurusan K3 adalah Universitas Negeri Semarang atau sering disapa dengan Unnes. Jurusan K3 di Universitas Negeri Semarang berada dalam naungan program studi kesehatan masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat sendiri Yang menaungi jurusan K3 telah mendapatkan akreditasi B berdasarkan surat keputusan BAN PT Nomor 026/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009.



8. Universitas Airlangga (UNAIR)


Rekomendasi ke-8 universitas dengan jurusan K3 adalah Universitas Airlangga atau sering disapa dengan Unair jurusan K3 di Universitas Airlangga berada dalam naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair. Jurusan K3 pada fakultas kesehatan masyarakat Unair telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.



C. Strata Dua


Setelah mengetahui macam-macam universitas yang memiliki jurusan K3 dari jenjang Diploma dan Strata satu, sekarang akan di paparkan jenis-jenis universitas dengan jurusan K3 jenjang strata dua.


1. Universitas Indonesia (UI)


Rekomendasi jurusan K3 Strata 2 adalah di Universitas Indonesia berada dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat. Namun pada jenjang strata dua hanya tersedia jenjang strata dua. Jurusan K3 yang ada di ITB hanya memiliki spesifikasi yang lebih khusus yaitu fokus pada keselamatan kebakaran.


2. Institut Teknologi Bandung


Rekomendas universitas jurusan K3 selanjutnya adalah Institut Teknologi Bandung atau akrab di namai ITB. Di ITB hanya tersedia jenjang Strata dua. Jurusan K3 berada dalam naungan Program Studi Teknik Lingkungan. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Ada kriteria sarjana yang bisa masuk pada jurusan ini yaitu latar belakang pendidikan sarjana bidang sains, rekayasa/keteknikan, dan kesehatan masyarakat. Program ini selain telah mendapatkan akreditasi dari BAN PT, juga telah mendapatkan akreditasi dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) Amerika Serikat


Baca Juga : Prospek Lulusan K3


3. Universitas Gajah Mada


Rekomendas universitas jurusan K3 selanjutnya adalah Universitas Gajah Mada atau sering disebut dengan UGM jurusan K3 di UGM berada dalam naungan fakultas kedokteran pascasarjana. Program ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT pada tahun 2019. Di Universitas gadjah Mada juga terdapat program magister rekayasa keselamatan industri. Program ini berada dalam naungan jurusan teknik fisika Fakultas Teknik UGM.


Demikian artikel ini tentang rekomendasi universitas dengan jurusan K3 yang ada di Indonesia.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama