Prospek Jurusan K3 / Keselamatan dan Kesehatan Kerja /HSE

Konten [Tampil]

 

Bekerja menjadi seorang ahli K3 adalah pekerjaan yang mulia. Karena kita tahu tidak hanya prospek kerja jurusan K3 yang luas, tetapi jurusan ini memiliki tugas untuk menyelamatkan banyak orang. Berbicara soal keselamatan dan kesehatan tentu sebagai ahli K3 menjadi ujung tombak penegakan hal tersebut. Oleh karenanya banyak orang yang memilih K3 sebagai jalan hidupnya. Nah berbicara soal prospek ahli K3, apa saja sih yang bisa lahir dari seorang K3 di dunia pekerjaan?


Prospek Jurusan K3


Prospek dan Karir Ahli K3


Nah berikut ini ada beberapa profesi yang berlatar belakang K3. Yuk simak dan pilih yang paling cocok untuk Anda.


Baca Juga : Lowongan Kerja K3 terupdate 


Safety Inspector


Prospek Jurusan K3


Profesi yang pertama ini sering dikenal dengan polisi keselamatan kerja. Para safety Inspector ini biasanya bertugas untuk berkeliling pada area pekerjaan. Nantinya mereka akan memberi tindakan pada setiap pelanggar keselamatan dan juga kesehatan kerja di lapangan. Nantinya tindakan tersebut bisa berupa teguran lisan, sanksi, atau bahkan memperoleh peringatan keras dari pihak manajemennya. Safety Inspector ini selalu membawa kamera dan menggunakan baju berwarna merah.


Safety Officer


Prospek Jurusan K3


Untuk kedua ada safety officer. Tugas dari safety officer pada umumnya lebih pada pembangunan sistem. Safety officer nantinya diplot untuk ahli dalam pengimplememtasian SMK3 atau OHSAS 18001 di tempat kerja.


Corporate Safety


Untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang di suatu negara biasanya memiliki seseorang yang bekerja sebagai corporate safety. Tugas mereka adalah membuat standar keselamatan kerja pada seluruh pabrik, melakukan audit, melakukan pelatihan serta merumuskan target.


Safety Auditor 


Tugas dari safety auditor ini adalah untuk mereka yang memiliki pengalaman panjang dalam mengimplementasikan manajemen K3. Nantinya, mereka yang akan mengecek kesesuaian praktek di lapangan dengan prosedur, standar dan regulasi yang berlaku. Safety Auditor ini yang nantinya mengunjungi area kerja untuk melakukan audit.


Higiene Industri


Prospek Jurusan K3


Tugas dari prospek K3 selanjutnya adalah sebagai HI atau Higiene Industri. Tugas dari Hi sendiri  adalah untuk memastikan aspek kimia, fisika dan biologi di lingkungan kerja dalam kondisi normal. Biasanya mereka sering menggunakan alat-alat pengukuran seperti alat ukur kebisingan, pencahayaan, getaran, indoor air dan lainnya.


Ahli Ergonomi


Prospek Jurusan K3


Profesi ahli ergonomi bertugas untuk melakukan penilaian keseluruhan terhadap bebas dan frekuensi dari aktivitas yang dilakukan oleh pekerja. Ahli Ergonomi akan melakukan penyesuaian tempat kerja agar para pekerja bisa bekerja dengan senyaman mungkin tanpa adanya beban yang berlebihan 


Baca Juga : Apa Itu Ergonomi?


Permit to work coordinator


Tugas dari prospek K3 ini adalah untuk mengoordinasikan semua aktivitas yang terkait dengan perizinan kerja. Mereka biasanya paham tentang administrasi yang baik untuk memastikan semua pekerjaan membutuhkan izin untuk memenuhi aspek keselamatan dan kesehatan kerja.


Safety coordinator


Prospek Jurusan K3


Tugas dari safety coordinator adalah membawahi manager. Tugasnya sama seperti namanya yaitu untuk mengoordinasikan terkait pekerjaan keselamatan dan kesehatan kerja.


Safety superintendent 


Tugas dari safety superintendent adalah untuk membangun sistem dan teknis terkait dengan keselamatan kerja.


Scaffolder 


Prospek Jurusan K3


Scaffolder adalah ahli perancah yang dibangun dengan aman sesuai dengan desain dan standar yang berlaku.



Safety Technician 


Prospek Prospek Jurusan K3


Prospek kerja K3 selanjutnya bisa berupa safety technician. Profesi ini secara dominan akan berhadapan dengan mesin diantaranya mesin produksi, mesin utility, alat angkat dan alat angkut serta masih banyak lagi. Tugas pokok dari safety technician ini lebih ke memastikan alat dan fasilitas di tempat kerja sudah memenuhi aspek keselamatan.


Process Safety


Prospek Jurusan K3


Prospek K3 selanjutnya juga bisa berupa process safety. Profesi ini memiliki tugas untuk memastikan rangkaian proses produksi mulai dari bahan mentah ke bahan jadi berlangsung dengan aman. Tidak hanya aspek keselamatan, profesi ini juga mempertimbangkan aspek fisik, maupun kimia. 


Baca Juga : Cara Investigasi Kecelakaan 


Fire safety


Prospek Jurusan K3


Tugas dari fire safety adalah untuk memastikan semua alat proteksi kebakaran yang aktif atau yang pasif siap sedia untuk digunakan apabila terjadi kebakaran. Fire safety juga bertugas untuk membentuk tim tanggap darurat kebakaran.


Safety advisor 


Prospek Jurusan K3


Tugas dari safety advisor adalah untuk dimintai saran terkait peningkatan keselamatan kerja pada suatu tempat. Adanya safety advisor ini akan bertanggung jawab langsung atas tingkat keselamatan dan kesabaran kerja pada suatu tempat kerja.


Ahli K3 Rumah Sakit 


Prospek Jurusan K3


Tugas dari ahli K3 Rumah Sakit ini untuk membawahi keselamatan dan kesehatan kerja di rumah sakit. Karena setiap rumah sakit yang menerapkan K3 wajib memiliki unit fungsional k3rs dengan syarat minimal S1 K3. Atau tenaga kesehatan yang lain denga kualifikasi S1 dan memiliki kompetensi di bidang K3RS. (PMK 66 tahun 2016)


ASN


ASN K3 berada di bawah Kemnaker dan di dinas ketenagakerjaan setiap provinsi yang mengurusi masalah K3. Dengan hal ini akan membuka peluang bagi ahli k3 untuk menjadi PNS. 


Nah itu dia prospek K3. Bagaimana? Apakah Anda tertarik masuk jurusan K3? Yuk share ke teman-temanmu.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama