Jenis dan Fungsi Sepatu Safety : Kualitas terbaik dan jenis terbaru.

Konten [Tampil]

Jenis dan fungsi sepatu safety

Bagi pekerja industri manufaktur, konstruksi, pertanian, kehutanan, dan pekerja lapangan lainnya, keselamatan kerja menjadi hal penting karena resiko kecelakaan kerja seperti cidera kaki serinh dijumpai sehari-hari. Oleh karena itu alat pelindung diri (APD) menjadi hal yang sangat penting dalam dunia kerjah lapangan. Salah satu hal yang harus anda ketahui adalah sepatu Safety. Pada artikel ini Kan dijelaskan jenis-jenis sepatu safety, fungsi sepatu safety, sepatu safety dengan kualitas terbaik, dan merk sepatu safety terbaru.

Jenis Sepatu Safety dan kegunaan disetiap jenisnya

1. Jenis-jenis Sepatu Safety jika dilihat dari modelnya


Jika dilihat dari modelnya, seperti jenis-jenis Sepatu pada umumnya bahwa Jenis Sepatu Safety memiliki keragaman model. Ada tiga jenis model pada sepatu Safety.



a. Sepatu Low Cut


Jenis sepatu safety pertama adalah jenis sepatu safety Low Cut. Jenis sepatu safety ini memiliki model cutting yang rendah dengan model panjang sepatu tidak melebihi betisa kaki. Jenis sepatu safety ini memiliki desain yang sangat simpel dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Jenis sepatu safety ini sering digunakan ditempat yang tidak terlalu ekstrem. Misalnya di Laboratorium.



b. Midle Cut.


Jenis sepatu safety kedua adalah Jenis sepatu safety Middle Cut. Perbedaan dengan jenis sepatu safety Low Cut, jenis sepatu ini memiliki bentuk yang panjang. Jenis Sepatu Safety Middle Cut memiliki model yang lebih tinggi dari betis kaki, meskipun tidak terlalu tinggi. Kegunaan Jenis Sepatu Safety Middle Cut ini adalah untuk para pekerja pabrik.



c. Sepatu Boot Cut.


Jenis sepatu safety ketiga adalah Jenis sepatu safety boot Cut. Jenis sepatu ini memiliki desain yang cukup panjang. Jidak dibandingkan dengan dua jenis sepatu di atas, jenis sepatu ini memiliki ukuran paling panjang. Ukuran swoatu pada jenis sepatu safety Boot Cut bisa mencapai lutut. Penggunaan pada jenis sepatu ini adalah tempat yang memiliki medan cukup ekstrem, seperti di Medan berlumpur, dan lain sebagainya.


2. jenis sepatu Safety jika dilihat dari kegunaannya.


Setelah mengetahui tiga jenis sepatu safety dari segi model, berikut ada enam jenis sepatu safety sesuai dengan kegunaan dan fungsinya.


a. Safety Toed Shoes


Jenis Sepatu Safety pertama adalah Jenis Sepatu Safety Toed Shoes. Jenis Sepatu Safety ini adalah jenis sepatu safety yang paling sering di temukan di tempat umum. jenis Sepatu Safety ini memiliki kegunaan sebagai pelindung jari kaki dari kecelakaan karena pada jenis sepatu safety ini terdapat pelindung di bagian ujung sepatu. Jenis Sepatu Safety ini digunakan oleh para pekerja yang bersentuhan langsung dengan produksi material berat, contoh pekerja pabrik, pekerja proyek, dan lain sebagainya.


b. Steel insole Shoes

Jenis sepatu safety kedua adalah Steel insole Shoes. Jenis Sepatu Safety ini terdapat besi/baja yang ada di dalam insole. Besi/baja pada bagian sepatu memiliki kegunaan sebagai stabilitas gerakan dan sebafai pelindung kaki dari resiko terlilit atau resiko lainnya pada tulang kali. Jenis Sepatu Safety ini sering digunakan oleh pekerja yang lebih banyak bekerja dengan kaki seperti mengendarai sepeda motor, menghimpit pedel, atau mengendarai sebuah truk/container.


c. Metal Instep Footwear


Jenis Sepatu Safety ketiga adalah jenis sepatu safety Metal Instep Footwear. Jenis Sepatu Safety ini memiliki perlindungan kaki yang terbuat dari material metal, besi, atau baja ringan untuk melindungki bagian kaki dari risiko kecelakaan kerja. Ada perbedaan jenis sepatu ini dengan Steel insole Shoes yaitu tata letak besi/baja tidak disisipkan pada bagian insole sepatu, tetapi diletakkan pada bagian alas yang berbentuk lempengan. Jenis Sepatu Safety ini sering digunakan oleh para pekerja pabrik yang memproduksi kaca, senjata, dan baja. Hal ini dikarenakan jenis sepatu safety ini efektif dalam melindungi kaki dan mengurangi resiko kecelakaan kerja.


d. Metarsal Shoes

Jenis Sepatu Safety keempat adalah jenis sepatu safety Metarsal Shoes. Jenis Sepatu Safety ini memiliki kegunaan pengamanan khusus untuk melindungi bagian atas kaki sehingga cocok digunakan untuk pekerja konstruksi bagunan (kontraktor) atau para pekerja yang berhubungan dengan pengangkutan material berat.


e. Electric Hazzard Shoes

Jenis Sepatu Safety kelima adalah jenis sepatu safety Electric Hazzard Shoes. Jenis Sepatu Safety ini memiliki spesifikasi khusus untuk para pekerja yang berkaitan dengan aliran listrik. Jenis Sepatu Safety ini memiliki bahan sol khusus yang mampu melindungi pekerja dari sengatan listrik. Jenis Sepatu Safety ini bisa digunakan bagi para pekerja PLN, PLTU, atau pekerja lain yang bersentuhan langsung dengan tegangan listrik. 


f. Heat Resistance Shoes.

Jenis Sepatu Safety terakhir adalah jenis sepatu safety Heat Resistance Shoes. Jenis Sepatu Safety ini di rancang sebagai pelindung agar kaki tidak terbakar saat bekerja. Jenis Sepatu Safety ini terbuat dari s9o khusus yang memiliki ketahana api dengan tingkat leleh tinggi yakni mencapai lebih dari 300 Derajat Celcius. Jenis Sepatu Safety ini sering digunakan oleh pekerja pemadam kebakaran atau pekerjaan menambahan material. 



 3. Fungsi Sepatu Safety.

Dari penjabaran jenis-jenis Sepatu Safety di atas menjelaskan bahwa setiap jenis sepatu memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Namun, semua jenis sepatu safety memilki kemiripan atau bahkan sama secara fungsi. Berikut fungsi-fungsi general yang bisa didapatkan ketika menggunakan sepatu safety.


a. Melindungi kaki dari benda tajam.


Fungsi sepatu safety pertama adalah melindungi kaki dari benda tajam. Sepatu safety membantu bagi para pekerja dari benda tajam beresiko yang ada disekitar kawasa tempat kerja. Sepatu Safety ini melindungi dari tusukan benda tajam yang sering bermunculan di tempat kerja. Para pekerja bisa menggunakan sepatu safety sebagai barang pelindung kaki agar bisa mengurangi kecelakaan kerja seperti tusukan benda yang terbuat dari material atau benda-benda tajam.

b. Melindungi kaki dari zat berbahaya.


Fungsi sepatu safety kedua adalah melindungi kaki dari zat berbahaya. Kondisi tempat kerja memungkinkan terdapat zat-zat berbahaya yang mengancam para pekerja. Sepatu Safety memiliki fungsi melindungi dari kontaminasi zat tersebut, sehingga ketika menggunakan sepatu safety para pekeeja aman sari zat berbahaya.


c. Mengurangi resiko tergelinci


Fungsi Sepatu Safety ketiga adalah mengurangi kaki dari zat berbahaya. Fungsi ini bekerja karena sepatu safety dilengkapi dengan fitur anti slip hal ini yang menjadi pencegah kaki agar tidak tergelincir di tempat yang licin atau basah.


d. Melindungi kaki dari benda panas atau dingin.


Fungsi keempat dari sepatu safety adalah melindungi kaki dari benda panas atau dingin. Suhu lapangan yang tak menentu membuat para pekerja butuh pelindung dari suhu oanas ataupun dingin. Sepatu safety yang memiliki sifat 'heat resistance' membuat sepatu safety mampu melindungi dari suhu panas. Sepatu safety juga terbuat dari bahan dasar kulit yang bisa menghangatkan dalam kondisi suhu dingin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama