Daftar Biaya Pemasangan Listrik Baru 450 VA sampai 3500 VA 2023

Konten [Tampil]

Biaya Pemasangan Listrik Baru 450 VA sampai 3500 VA

Listrik menjadi tenaga yang sangat dibutuhkan dalam sehari-hari untuk memperlancar kegiatan rumah maupun luar rumah. Maka dari itu jika Anda ingin memasang listrik baru untuk rumah penting tahu mengenai Biaya Pemasangan Listrik Baru 450 VA sampai 3500 VA 2023.


Lebih jelasnya bisa Anda simak di sini!

Biaya Pemasangan Listrik Baru 450 VA sampai 3500 VA 2023

Anda yang ingin melakukan pemasangan listrik, daftar biaya pemasangan listrik terbaru berdasarkan pada jenis, di bawah ini bisa memberikan pertimbangan untuk Anda.

Biaya Pasang Listrik Prabayar (Token)

Listrik prabayar atau yang lebih dikenal juga dengan token merupakan jenis listrik yang memiliki sistem prabayar dengan skema yang sama miripnya seperti pengisian pulsa.


Jadi, jika ingin listrik dapat digunakan untuk kebutuhan rumah, maka Anda harus membeli token listrik atau istilah lainnya isi voucher.


Pemakaian listrik akan disesuaikan dengan nilai voucher atau kwH yang Anda beli, jika terlampaui maka listrik akan mati, dan Anda harus membelinya kembali untuk kebutuhan begitu seterusnya.


Adapun biaya pasang listrik baru prabayar ialah:


  • Biaya pasang listrik dengan daya 450 VA memiliki angka biaya sebesar Rp 230.00
  • Biaya pasang listrik daya 900 VA memiliki biaya sebesar Rp 863.000
  • Biaya pasang listrik daya 1.300 VA dibandrol dengan harga Rp 1.238.000
  • Biaya pasang listrik daya 2.200 VA memiliki nilai harga Rp 2.082.000
  • Biaya pasang listrik baru daya 3.500 VA sebesar Rp 3.411.500


Angka diatas merupakan gambaran nominal biaya pasang listrik jika Anda membeli token perdana sebesar Rp 20.000, jika lebih dari angka tersebut nominalnya bisa saja berubah.


Biaya pasang listrik prabayar ini telah mencakup pada biaya materai, UJL atau Uang Jaminan Sebagai Langganan, BP atau Biaya Guna Penyambungan dan pajak penerangan jalan.

Biaya Listrik Pascabayar

Berbanding terbalik dengan biaya listrik prabayar, maka dengan pemasangan listrik pascabayar Anda bisa menggunakan layanan listrik sepuasnya untuk kebutuhan Anda sendiri, barulah Anda membayar nominal tagihannya di setiap bulan.


Semakin tinggi penggunaan listrik, semakin tinggi tagihan yang akan dibebankan pada Anda sendiri. Adapun nominal biaya pasang listrik pascabayar adalah:


  • Biaya pasang listrik dengan daya 450 VA: Rp 242.900
  • Biaya pasang listrik berdaya 900 VA: Rp 1.390.900
  • Biaya pasang listrik berdaya 2.200 VA: Rp 2.372.200
  • Biaya pasang listrik dengan daya 3.500 VA: Rp 3.941.000

Biaya SLO Listrik

SLO merupakan sertifikat yang menjadi bukti bahwasannya instalasi listrik telah memenuhi persyaratan untuk melakukan operasi atau sudah layak untuk diberi tegangan listrik. 


SLO umumnya dibutuhkan sebagai proteksi konsumen tenaga listrik atas bahaya listrik yang diakibatkan penyaluran listrik ke instalasi yang tidak layak dialiri listrik. 


Tidak hanya memberikan manfaat, listrik juga mampu membahayakan jika tidak memenuhi kaidah teknik listrik.


Kabarnya kini pemasangan listrik diwajibkan untuk menggunakan SLO listrik. Adapun biaya SLO listriknya adalah:


  • Daya listrik 450 VA membayar biaya SLO Listrik sebesar Rp40.000,-
  • Daya listrik  900 VA membayar biaya SLO Rp60.000,-
  • Daya listrik 1.300 VA membayar biaya SLO Rp95.000,-
  • Daya listrik 2.200 VA membayar biaya SLO Rp110.000,-
  • Daya listrik  3.500 VA membayar biaya SLO Rp105.000,-

Nah itulah daftar biaya SLO Listrik yang seharusnya dapat Anda bayar.

Pengajuan Pemasangan Listrik Baru

Nah setelah mengetahui biaya pemasangan listrik, Anda bisa menyimak cara pengajuannya di sini:


  • Pertama silakan kunjungi website PLN atau dengan klik https://layanan.pln.co.id/permohonan-pasang-baru-pln
  • Pergi ke halaman menu Pasang Sambungan dan klik Setuju untuk menyetujui persyaratan yang ada. Klik Ok untuk konfirmasi kembali
  • Isi formulir selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya. Barulah jika dirasa data sudah benar bisa mengisi Sheet 'Data Permohonan' dan centang kolom “Copy berdasarkan data pelanggan"
  • Isi jumlah daya listrik baru sesuai kebutuhan dan klik "Hitung Biaya” untuk mengetahui jumlah biaya yang harus dibayarkan ke rekening PLN.
  • Cek kembali data-data yang telah Anda isi sebelum melanjutkan pengajuan pemasangan listrik baru.


Empat langkah tersebut bisa Anda ikuti jika ingin melakukan pengajuan pemasangan listrik secara online. Selain dari itu Anda pun bisa melakukan pengajuan secara offline dengan mendatangi kantor PLN.


Biaya pemasangan listrik baru adalah berbeda-beda, baik itu dari segi jenis listrik yang Anda ambil ataupun seiring besar kecilnya daya VA listrik yang Anda ambil sesuai kebutuhan Anda sendiri.


Sebab setiap daya listrik memiliki powernya tersendiri, semakin daya besar maka semakin luas dan tinggi juga power listriknya. Dengan demikian Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.


Dengan penjelasan terkait biaya pemasangan listrik baru 450 VA sampai 3500 VA di atas bisa memberikan gambaran untuk pertimbangan dalam membantu Anda untuk memutuskannya jenis dan tinggi daya listrik yang ingin Anda pasang.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama