Mengenal Mesin Plasma Cutting dari Bagian dan Cara Merawatnya

Konten [Tampil]

mengenal mesin plasma cutting

Ada berbagai macam kegiatan yang pastinya orang lakukan dengan tujuan tertentu. Misalnya, membuat suatu karya seni menggunakan logam. Untuk dijual kembali kepada orang-orang, Anda harus membuat logam tersebut menjadi menarik. Karena itu, butuh halnya mengenal mesin plasma cutting. Dengan begitu, Anda jadi tahu alat yang diperlukan untuk kenyamanan bekerja. 

Sekarang ini, ada berbagai macam alat yang dapat mempermudah pekerjaan seseorang. Dengan melakukan pembelian pada alat yang tepat, pekerjaan Anda juga akan selesai dengan cepat. Jadi, tidak usah khawatir akan adanya potongan yang salah dan lain sebagainya. Semua sudah serba otomatis sekarang ini.  Begitu juga halnya dengan mesin potong yang tersedia banyak jenis. 

Mengenal Mesin Plasma Cutting 


mengenal mesin plasma cutting



Tentunya, sebelum melakukan pembelian akan mesin, Anda harus mengetahui pengertiannya jauh lebih dulu. Berdasarkan indotara.co.id, mesin plasma cutting merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk memotong berbagai jenis logam. Begitu juga halnya dengan plat dan bahan lainnya. Pemotongan akan menggunakan panas dari sinar laser tinggi dan tingkatnya diatur sesuai ketebalan material. 

Untuk cara pengoperasiannya adalah menggunakan CNC atau juga teknologi robot yang bekerja dengan program. Karena itu, hasil potongannya akan keluar secara cepat dan juga presisi. Untuk prinsip dasar dari sistem mesin adalah menggunakan listrik. Jadi, dapat memanasi udara dengan sangat tinggi. Mesin ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan pasokan udara dengan stop kontak listrik AC. 

Bagian dari Mesin 


mengenal mesin plasma cutting



Dalam mengenal mesin plasma cutting, Anda juga harus tahu berbagai macam bagian yang ada pada mesin.  Ada beberapa bagian mesin yang mungkin terdengar asing bagi orang-orang. Namun, fungsi setiap komponen yang ada sangat penting dalam pemakaian. Berikut ini bagian dari mesin: 

  1. Power Supply 

Bagian yang satu ini merupakan komponen utama yang harus ada. Hal ini dikarenakan power supply mempunyai fungsi utama untuk mengubah tegangan dari AC menjadi arus DC.  

  1. Tang masa 

Selain power supply, ada juga tang masa yang mempunyai fungsi penting juga. Penjepit ini digunakan untuk menghubungkan meja kerja ke kabel masa.  Hal ini akan membantu agar arus mesin las tidak terhambat. Komponen ini juga harus dipastikan bekerja dengan baik. 

  1. Cutting torch 

Bagian penting lainnya yang ada di dalam mesin adalah handle torch. Bagian yang satu ini menjadi pegangan operator ketika melakukan gas cutting.  Jelas halnya kalau kehadiran gagang ini akan mempermudah operator ketika menggerakan alat untuk arah pemotongan gas cutting.  Dengan begitu, hasil pemotongan juga akan menjadi lebih maksimal. 

  1. Nozzle 

Selain gagang untuk mengoperasikan alat sehingga lebih mudah, Nozzle juga mempunyai peran yang penting. Nozzle sendiri merupakan tempat keluar udara dari kompresor.  Ada juga elektroda yang terpasang di dalam torch dan posisinya di belakang ujung nozzle.  Bagian ini akan memicu arus listrik dan berfungsi untuk menyemburkan gas. 

Letak Nozzle sendiri ada di bagian ujung torch plasma.  Jika frekuensi penggunaannya tinggi, Anda harus rajin mengganti Nozzle.  Jika Anda malas mengganti Nozzle, hasil pemotongan akan menjadi tidak akurat. 

Itulah informasi yang perlu diketahui berkaitan dengan mengenal mesin plasma cutting. Jika memanfaatkan alat yang tepat untuk berbagai macam kegiatan, Anda pastinya akan lebih cepat dalam menyelesaikan hal tertentu. 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama