Mengenal Alat Berat Compactor dan Kegunaannya

Konten [Tampil]

 

Mengenal Alat Berat Compactor

Dalam proses pembuatan jalan atau infrastruktur tentu tanah yang akan digarap haruslah rata dan juga padat. Oleh karena itulah umumnya para pekerja kontraktor menggunakan alat berat yang disebut compactor. Dalam Mengenal Alat Berat Compactor ini tentu mempunyai berbagai kelebihan yang bisa membantu proses pengerjaan jalan atau infrastruktur.

Dalam proses pemadatan tanah dengan skala kecil biasanya bisa dilakukan dengan cara menggenangi dan membiarkan tanah menyusut dengan sendirinya, namun tentu cara tersebut memerlukan waktu lama serta hasilnya tidak sempurna oleh karena itulah alat compactor ini bisa mempersingkat proses tersebut.

Mengenal Alat Berat Compactor 


Mengenal Alat Berat Compactor



Compactor merupakan jenis alat berat yang biasa dipakai untuk memadatkan tanah atau material sedemikian rupa, dengan begitu bisa tercapai tingkat kepadatan yang diperlukan. Compactor memiliki banyak komponen yang ada di dalamnya, salah satunya adalah roda, yang berhubungan langsung dengan tanah yang dipadatkan. 

Jenis roda yang digunakan oleh compactor ini terbuat dari besi yang menyeluruh atau ditambahkan pemberat seperti air atau pasir. Ada juga yang ditarik menggunakan alat penarik macam bulldozer, atau dapat memakai mesin penarik sendiri, yang berukuran kecil dapat memakai tangan dengan mengontrolnya ke tanah yang akan dipadatkan.

 Compactor disertai dengan komponen yang bergetar yang membuat gaya naik turun menekan tanah dengan begitu tanah yang dilalui alat compactor ini dapat menjadi padat serta datar. Untuk pemadatan pengaspalan alat yang digunakan umumnya adalah road roller, tireroller, namun pada pemadatan tanah dapat memakai sheep foot roller atau drum roller.

 Ada tiga faktor yang berpengaruh dalam proses pemadatan yang mana diantaranya:

Gradasi material yang akan dipadatkan

Kadar air pada material (moisture content)

Usaha pemadatan (compactive effort).

Bagian – Bagian pada Compactor


Mengenal Alat Berat Compactor



Compactor memiliki beberapa bagian, berikut beberapa diantaranya:

Frame

Frame berfungsi untuk pelindung drum dari benturan yang muncul dari sisi depan atau samping ketika dalam proses pemadatan dan juga untuk kerangka dari drum tersebut. Frame juga berfungsi untuk scrap dalam membersihkan material yang menempel pada drum.

Drum

Drum adalah komponen inti di alat compactor yang berguna untuk memadatkan tanah atau material sejenisnya dengan pola menggelinding.

Operator Cabin

Berfungsi untuk ruangan tempat operator mengoperasikan serta mengendalikan compactor itu. Operator cabin ini dibuat senyaman mungkin agar operator tidak lebih nyaman dalam melakukan proses pemadatan yang biasanya memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Engine Hood

Berfungsi untuk penutup dan juga pelindung mesin dari benturan atau keadaan – keadaan yang berbahaya.

Rear Wheel

Rear wheel ini memiliki fungsi penunjang beban dan juga untuk poros penggerak yang datang dari mesin.

Jenis – Jenis Alat Compactor 

Ada berbagai jenis alat berat compactor yang dapat dipakai dalam memadatkan tanah pada pekerjaan konstruksi, terutama mengenai pengerjaan proyek jalan atau landasan.

Berikut ini adalah beberapa contoh alat berat yang termasuk dalam kategori compactor:

Alat Berat Smooth Steel Roller

Adalah jenis alat compactor yang permukaan rodanya dibuat dari bahan baja rata. umumnya, alat tersebut bergerak dengan power unit self propelled. Alat tersebut dapat memberikan efek seperti gaya dinamis pada tanah yang digilas. Sistem vibrasi, mengemudi, dan pendorongnya dengan sebuah tekanan hidrostatis demi menjamin penanganan paling mudah.

Compactor Sheep Foot Roller

Jenis yang berikutnya dari alat compactor atau pemadat tanah adalah Sheep Foot Roller yang memiliki prinsip seperti silinder dengan bagian luar dipasangi kaki - kaki. Kaki – kaki tersebut memiliki tekanan yang tinggi dan dapat masuk ke tanah dan memberikan efek seperti pemadatan tanah dari bagian bawah.

Jenis alat berat ini biasa digunakan pada medan tanah yang berpasir serta mempunyai sedikit kandungan lempung. Selain itu alat ini juga dapat digunakan pada tanah yang kohesif dan plastis. Alat pemadat jenis ini juga sangat cocok untuk digunakan dalam memadatkan material - material lepas yang memiliki lapisan dengan tebal sekitar 15 hingga 25 cm.

Compactor Pneumatic Tired Roller

pembahasan berikutnya dari jenis – jenis adalah Compactor Pneumatic Tired Roller yang memiliki roda dari ban karet pneumatic atau bertenaga udara. Susunan roda depan dan belakangnya berselang seling.

adanya susunan roda ini adalah  untuk menggilas bagian yang bisa saja tidak tergilas oleh roda depan. Susunan roda tersebut juga menghasilkan tekanan kneading action terhadap tanah. Tekanan tersebut dapat berguna dalam proses konsolidasi tanah. Jenis alat penggilas tipe ini lebih cocok digunakan untuk pekerjaan penggilasan bahan granular.

Ada baiknya tidak menggilas lapisan berbatu dan lapisan tajam dengan alat berat ini karena dapat membuat kerusakan pada roda  - roda nya. Bobot kendaraan ini dapat dinaikan dengan cara mengisi pasir atau zat cair di bagian dinding dari mesin. Umumnya terdapat Sembilan sampai Sembilan belas  roda pada kendaraan ini.

Itulah pembahasan mengenai Mengenal Alat Berat bagian – bagiannya dan juga jenis - jenisnya. Dengan adanya compactor ini maka proses pemadatan dan perataan tanah bisa diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama