Cara Kerja dan Fungsi Dial Indicator yang Perlu Anda Ketahui untuk Pemakaian

Konten [Tampil]

cara kerja dan fungsi dial indicator

Untuk mempermudah pekerjaan dalam berbagai macam bidang, ada banyak alat yang orang jadikan sebagai bantuan. Dari berbagai macam alat yang ada, salah satu yang menarik perhatian adalah dial indicator.  Walaupun Anda mungkin mempunyai alat ini, pemakaiannya tidak bisa asal begitu saja. Anda harus tahu cara kerja dan fungsi alat dial indicator juga.  

Ada berbagai fungsi dari alat pengukuran ini.  Dial indicator juga dikenal dengan nama lain yaitu Dial Gauge.  Adanya alat pengukuran ini mempunyai tujuan utama untuk mengukur dan memeriksa kerataan. Biasanya, alat akan digunakan ketika Anda harus mengukur kesejajaran permukaan benda.  Tentunya, kelebihannya adalah skala pengukuran yang sangat kecil sehingga menjamin akurasi. 

Cara Kerja dan Fungsi Dial Indicator Secara Umum 

Anda harus tahu kalau alat pengukuran yang mempunyai banyak fungsi ini tidak bekerja secara sendirian. Ada bantuan dari magnetic base yang dijadikan sebagai pemegang indikator. Dengan begitu, dapat mengatur ketinggian dan juga kemiringan pada benda yang akan diukur. Tanpa kehadiran dari pegangan ini, alat tidak dapat bekerja secara maksimal. Yuk, simak di sini!  

Fungsi Dial Indicator 

Secara umum, alat yang satu ini memang digunakan untuk mengukur kerataan.  Namun, jika dirincikan dari segi barang yang diukur, ada beberapa fungsinya. Dial indicator dapat digunakan dalam kepentingan mengatur tingkat kerataan di bidang datar. 

Begitu juga untuk pengukuran tingkat kerataan di bidang miring. Anda juga dapat memakai alat untuk mengukur tingkat kerataan sisi bulat pada suatu bidang poros. Hasil pengukuran yang akurat membuat banyak orang tertarik. 

Cara Kerja untuk Dial Indicator 

Jika Anda bukan orang yang biasa bekerja dengan suatu alat dan mengetahui konsepnya hanya dengan melihat bentuk. Maka, Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan memeriksa Youtube atau tutorial pemakaian alat. Penting halnya untuk mengetahui cara kerja alat dengan baik. Jadi, tidak usah khawatir ketika butuh melakukan pengukuran. Berikut ini informasi berkaitannya: 

Masukkan tangkai dial indikator ke dalam lubang pengunci yang ada di tiang.  Lanjutkan langkah dengan mengencangkan baut yang ada. 

Anda perlu memasukkan bagian dial indikator yang terdapat bagian skala dan jarum di tangkai juga. Kencangkan lagi seperti langkah sebelumnya. 

Cukup baca gambar kerja dan bersihkan benda kerja yang ada.  Jangan sampai ada kotoran di peralatan.  

Dalam cara kerja dan fungsi dial indicator ini, memang tidak mudah untuk menguasai langkah yang ada. Walaupun begitu, bukan sulit atau tidak mungkin juga. 

Anda dapat langsung menghidupkan aliran magnet dengan memindahkan tombol ke posisi on.

Posisikan jarum tepat di atas permukaan benda kerja, pastikan sampai menyentuh.  

Geser benda kerja ke bagian kanan atau kiri. Jika jarum berputar searah jarum jam, hal ini menunjukkan bahwa barang tersebut punya permukaannya cembung 

Namun, jika jarum berputar berlawanan arah dengan jarum jam. Maka, hal ini menunjukkan bahwa benda kerja yang Anda geser merupakan benda cekung. 

Demikian informasi berkaitan dengan cara kerja dan fungsi dial indicator yang perlu Anda ketahui. Dengan memanfaatkan alat sebaik mungkin, Anda tidak usah khawatir akan mengalami kerugian dan lainnya. Pengukuran pasti tepat sesuai dengan hasil yang dihasilkan


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama