Perbedaan Pipa AW dan D, Berikut Jenis dan Rekomendasinya

Konten [Tampil]
Perbedaan Pipa AW dan D


Pipa PVC dalam rumah biasa digunakan untuk saluran pembuangan dan sistem saluran air lainnya. Namun, perbedaan pipa AW dan D ternyata banyak yang belum tahu dan sulit dibedakan oleh orang awam. Untuk itu, anda sebagai konsumen perlu memahami bagaimana bedanya pipa AW dan D.



Sementara itu, PVC merupakan pipa multifungsi yang biasa digunakan dalam saluran pipa dan pipa air bersih. Ada juga, kegunaaan pipa PVC lainnya yang digunakan seperti AW dan D. Lalu, apa fungsi kedua pipa diatas?


Perbedaan Pipa AW dan D


Pada pipa AW memiliki tanda strip biru di sepanjang badan pipa yang berguna untuk mengalirkan air bertekanan tinggi hingga 10 kg/cm kubik. Selain badan pipa yang memiliki strip biru, ciri fisik pipa AW adalah dinding pipa yang tebal. Pipa seperti AW ini, biasa digunakan dalam pengaliran air bersih yang diberi tekanan agar dapat didistribusikan dengan baik pada sebuah bangunan.



Jika pipa D, biasa digunakan dalam aliran air buangan yang tak memiliki tekanan tinggi seperti kitchen sink, wastafel hingga dapur dan closet kamar mandi. Pipa ini biasanya ditandai dengan strip merah pada sepanjang badan pipa dan lebih tipis dibanding pipa AW.

Perbedaan dinding pipa AW dan D, difungsikan agar konsumen dapat memilih pipa PVC yang seringkali untuk saluran air bersih dan air kotor. 


Baca Juga : Cara Menghitung Kebutuhan Material Beton K225 Dengan Tepat


Jenis-jenis Pipa yang Bisa Anda Pilih Selain PVC




  1. Pipa CPVC


Pipa jenis ini, merupakan pipa yang memiliki kelebihan ketahanan terhadap daya panas yang tinggi. Pipa ini, juga sangat tebal dan kuat menahan suhu hingga 1800 derajat celcius. CPVC, juga disebut pipa  schedule yang berwarna oranye. Sehingga, anda bisa dengan mudah memilih pipa ini untuk air dingin maupun air panas dalam kamar mandi.




  1. Pipa HDPE


Varian pipa ini, merupakan produk pipa berbahan polietilen yang memiliki densitas tinggi dan terbuat dari termoplastik sehingga tak mengandung zat berbahaya. Kelebihan pipa ini, adalah anti karat, lentur dan tak mudah rusak dalam jangka waktu yang lama.



Karena keunggulan pipa ini menarik, maka pipa ini cocok digunakan dalam saluran air bersih dan aman untuk saluran air rumah tangga. Usia pipa ini juga terbilang sangat lama, yaitu bisa digunakan hingga 50 tahun.



  1. Pipa PP-R


Berbeda dengan PVC, pipa ini adalah pipa berbahan plastik yang berasal dari minyak bumi dan memiliki karakter yang unik. Pipa PP-R ini, identik warna hijau dengan daya tahan yang tinggi dan rendah terhadap tekanan yang sangat tinggi.



Tak heran, pipa ini cocok digunakan dalam air dingin dan panas yang bertekanan tinggi. Keunggulan lainnya dari pipa ini, adalah tahan terhadap kontaminasi bahan kimia, bebas bocor dan anti karat. Pipa ini juga bisa digunakan untuk air siap minum maupun irigasi.



  1. Pipa Tembaga



Pipa yang satu ini, merupakan pipa yang terbuat dari tembaga dan ditawarkan dengan harga yang tinggi. Meski harganya yang tinggi, saluran pipa ini memiliki keunggulan seperti tahan lama dan anti karat. Sama seperti pipa lainya, pipa tembaga ini biasa digunakan dalam penyaluran air bersih dan air kulkas serta air AC.



Pipa ini, juga memiliki beragam jenis dengan berbagai bentuk. Mulai dari bentuk memanjang, spiral hingga menggulung. Tak heran, jika pipa ini seringkali digunakan meski harganya yang cukup tinggi karena pemasangannya yang mudah dan efisien.




Itulah perbedaan pipa AW dan D yang perlu anda ketahui. Sementara itu, ada juga beberapa jenis pipa lain selain PVC yang direkomendasikan khusus untuk anda mencari pipa-pipa berkualitas dengan daya tahan yang tinggi dan cocok digunakan untuk irigasi maupun penyaluran air rumah tangga.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama