Cara Menghitung Cor Dak Bondek Yang Benar

Konten [Tampil]

 

Menghitung cor dak bondek


Akhir-akhir ini metode pengecoran dak telah sering diubah dari readymix menjadi metode bondek. Hal tersebut karena metode cor bondek lebih efisien dari segi waktu, sehingga metode ini lebih banyak diterapkan bahkan oleh pembangunan di dunia. Tapi, bagi Anda yang baru beralih dari sistem konvensional harus belajar lebih tentang cara menghitung cor dak bondek.


Ilmu baru menghitung cor dak bondek mungkin tidak berpatok pada satu cara saja, namun ada cara yang umum dan lebih sederhana untuk bisa diaplikasikan. Anda dapat memilih cara perhitungan yang memudahkan dan cocok. Karena telah populer, sebaiknya Anda mempertimbangkan penggunaan dan perhitungan cor dak bondek. Selengkapnya Anda dapat menyimak ulasan berikut.     


Baca Juga : Kenali Yuk, 3 Metode Perhitungan Struktur Baja Berikut Ini!


Cor Dak Bondek


Menghitung cor dak bondek



Pertama-tama Anda perlu tahu apa itu “dak”. Dak adalah komponen konstruksi panel lantai dan letaknya tidak langsung berada di atas tanah. Untuk bentuk bondek dapat Anda lihat pada gambar di atas.


Bonek merupakan bahan material bangunan yang digunakan sebagai pengganti papan atau triplek. Kegunaan utama bondek adalah untuk keperluan plat cor dak lantai bangunan sebagai alternatif sistem konvensional yang selama ini masih menggunakan triplek dan jauh lebih efisien. 


Sistem cor dak bondek dapat menekan biaya pengecoran hingga 30 persen. Maka tidak heran jika sistem ini menjadi sangat populer, bahkan untuk proyek berskala kecil yang butuh menghemat biaya hingga pembangunan gedung-gedung pencakar langit di seluruh dunia.



Cara Menghitung Cor Dak Bondek


Menghitung cor dak bondek



Sebelum menghitung cor dak bondek, perlu diketahui ukuran standar dari bondek. Untuk panjangnya bisa disesuaikan dengan pesanan, namun maksimal adalah 8 meter. Lebarnya 1 meter, untuk tebalnya 0,75 millimeter; 0,70 millimeter dan 0,65 millimeter.


Untuk cara menghitung cor dak bondeknya dapat diambil contoh, apabila bidang yang akan dipasang bondek memiliki panjang 5 meter dan lebar 7 meter dengan ukuran bondek yang Anda gunakan 1 meter x 6 meter x 0,75 millimeter. Dari panjang dan lebar objek yang ada, dapat diketahui luas permukaan 5 x 7 = 35 meter persegi. 


Dengan ukuran bondek yang Anda gunakan, maka kebutuhan bondeknya sebanyak 35 dibagi 6 yaitu 5,83 atau butuh 6 lembar bondek. Perhitungan tersebut dapat dikatakan akurat, tidak kurang dan tidak lebih karena tergantung dari ukuran luas permukaan yang akan Anda pasang bondek.


Apabila ukurannya penuh, maka bondek yang Anda beli sudah cukup. Apabila telah terpotong dengan cor sloof, maka bondek yang Anda beli lebih sedikit. Setidaknya, bondek yang telah dibeli jumlahnya tidak kurang dan tidak masalah jika lebih sedikit karena terpotong cor sloof.


Untuk lengkapnya cara menghitung cor dak bondek selanjutnya adalah perkiraan kebutuhan cor Anda. Apabila Anda berencana melakukan cor dengan ketebalan 10 cm, maka untuk ilustrasi sebelumnya perlu semen 24 sak, pasir beton 2,4 colt dan batu split 3 colt. 


Baca Juga: Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring dengan Tepat


Karena dari perhitungan mendapat perbandingan untuk lembar bondek dengan semen adalah 4x (empat kali) nya. Kebutuhan pasir beton adalah 2/5 dari kebutuhan bondek dan batu split adalah setengah dari kebutuhan bondek.


Berikut tadi adalah seputar pengenalan singkat dan cara menghitung cor dak bondek secara mudah. Bagi Anda yang ingin memilih kemudahan dalam pembangunan dapat mempertimbangkan borongan cor beton pada. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama