Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring dengan Tepat

Konten [Tampil]




Saat Anda belum memahami mengenai cara-cara tertentu, maka hal tersebut akan terasa sulit untuk dilakukan. Seperti halnya saat Anda melakukan cara pasang baja ringan pada atap miring yang pastinya memiliki banyak keunggulan, jika dibandingkan dengan atap datar. Jadi, agar atap bisa tetap awet, maka pemasangannya harus sesuai dengan rangka baja ringan pada atap tersebut. 


Seperti yang Anda ketahui bahwa atap miring memiliki 2 sudut yang akan bertemu di tengah, yang disebut dengan pitched roof. Sedangkan atap miring tunggal dikenal sebagai atap silikon. Selain itu, atap baja ringan dikenal sangat ideal untuk bangunan komersial dan industri, karena bisa melindungi bangunan dari elemen alami. Untuk lebih jelasnya, yuk simak cara pemasangannya berikut ini. 


Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring


Agar lebih mudah melakukan pemasangan atap baja ringan pada rumah yang beratap miring, yuk perhatikan penjelasan lengkapnya berikut ini!


1.Pemasangan Baja Ringan pada Atap Miring 


Untuk pemasangannya sendiri sebenarnya tergantung dari model atap di rumah Anda, yang bisa didasarkan pada segi estetika dan fungsionalitas. Apalagi jika Anda bertempat tinggal di daerah tropis, yang bisa digunakan untuk menangkal panas, dan bisa mencegah air hujan. Karena performanya yang relatif lebih bagus.


Baca Juga  : Bentuk dan Ukuran Baja Ringan


Tidak hanya itu, model atap rumah miring juga dinilai memiliki estetika tinggi, yang terlihat  dari keberagaman bahan dasarnya. Seperti dari bahan metal, tanah liat, kayu, hingga material baja ringan. Selain itu, pada setiap materialnya juga terdapat jenis kemiringan masing-masing, yang bisa Anda pilih, sesuai dengan desain rumah Anda. 


2. Langkah-Langkah Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan 


  • Pertama, Anda harus memastikan bahwa permukaan atas ring balok sudah dalam keadaan rata dan siku.

  • Kemudian, pastikan posisi kanan dan kiri, agar kuda-kuda tidak terbalik. Lalu, untuk jarak antara baut paling tepi dengan batang yang disambung, minimal dua kali diameter baut. 

  • Setelah itu, gunakan alat dengan kecepatan 200 hingga 250 rpm, dengan posisi tegak lurus bidang. 

  • Perlu Anda perhatikan, bahwa baut tidak boleh dipasangkan pada titik berat batang, namun pasangkanlah pada bagian tepi, dengan posisi simetris, dan membagi sama besar. 

  • Setelah pemasangan baut yang tepat, selanjutnya Anda harus memasang balok nok, dilanjutkan dengan pemasangan bracing, diatas top chord, dan dibawah reng, sebagai penguat. 

  • Lalu, lakukan pemasangan reng (roof batten) dengan jarak yang menyesuaikan jenis penutup atap yang digunakan. 

  • Jangan lupa juga untuk memasang outrigger atau gording tambahan setelah kuda – kuda terakhir yang menumpu ringbalk

  • Dan terakhir pasanglah desain atap sesuai dengan jenis bahan pilihan Anda. 


Baca Juga  : Jenis Baja Ringan dan Harganya, Terbaru 2021


Nah itulah cara pasang baja ringan pada atap miring yang bisa Anda coba dengan mudah. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi bila memiliki atap yang terlihat miring, karena Anda bisa mencoba cara pemasangan baja ringan seperti diatas. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba! 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama