Bagian-Bagian Mobile Crane, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Konten [Tampil]


 

Mobile crane atau mobile derek merupakan alat yang dapat mengangkat benda-benda berat dan memindahkannya secara horizontal. Bagian-bagian mobile crane dibuat dengan struktur khusus serta dilengkapi dengan crane yang sudah terpasang langsung pada mobil/truk. 

Biasanya, alat ini banyak digunakan pada perusahaan konstruksi dan transportasi karena cara kerjanya yang efektif dan tidak membutuhkan tambahan alat khusus.

Secara umum, mobile crane terbagi menjadi lima jenis, yaitu crane hydraulic, all terrain mobile crane, crane rough terrain, crawler, dan carry-dek. Meski bentuknya sedikit berbeda, namun komponen dan cara kerjanya hampir sama.

Bagian-Bagian mobile Crane

 

  • Lengan crane atau jib (working arm)

Lengan crane merupakan bagian dari mobile crane yang dapat berputar hingga 360 derajat. Fungsinya yaitu sebagai kabel sling yang berguna untuk mengangkat material atau beban. 

Bagian ini tersusun dari elemen besi yang disatukan menjadi rangka batang. Untuk panjangnya, sesuai dengan kemampuan maksimum dalam mengangkat beban.

  • Counter weight

Komponen ini diperlukan untuk menjaga stabilitas dari working arm. Biasanya, terbuat dari beton dan dipasang pada bagian ujung dengan beban yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan crane.

Semakin besar kemampuan crane dalam mengangkat beban, akan semakin besar pula beban dafi counter weight.

  • Hoist

Hoist merupakan bagian crane yang berfungsi untuk mengangkat beban secara vertikal.

  • Trolley

Berbeda dengan hoist, trolly justru akan mengangkat material atau beban secara horizontal.

  • Sling

Untuk mengaitkan crane dengan material atau beban, makan perlu adanya kabel baja atau sling. Panjang dari sling ini akan berbeda-beda, tergantung dengan kapasitas mobile crane itu sendiri.

  • Mast

Mast merupakan bagian mobile crane yang berfungsi untuk mengatur ketinggian lengan crane. Dengan bantuan tenaga hidrolik, mast akan bergerak secara vertikal saat mengatur ketinggian dari lengan crane.

Mast juga menjadi tempat untuk menopang tali penyeimbang crane, pulley, dan juga kerekan.

  • Operator's cab

Dalam mobile crane juga terdapat operator's crab yang berguna untuk mengoperasikan mobile crane itu sendiri. Untuk mengendalikan mobile crane, terdapat beberapa tuas pengendali di dalam operator's cab.

  • Base section

Sebagai bagian paling dasar, Anda dapat menemukan base section pada bagian bawah. Biasanya, base section akan tertanam dan terbuat dari beton yang sangat berat guna menahan beban dari crane.

  • Slewing unit

Untuk dapat memutar lengan crane hingga 360 derajat, maka mobile crane membutuhkan komponen slewing unit.

  • Tower top

Menjadi bagian crane yang paling tinggi

  • Collar frame

Agar mobile crane tetap aman meski sudah melewati batas free standing, mobile crane juga membutuhkan collar frame. Bagian ini terdiri dari sabuk pengaman yang akan terpasang pada setiap section atau sambungan dan terkait pada bangunan.

  • Climbing frame

Kabin pada mobile crane yang terdapat operator's crab biasanya berada pada posisi yang tinggi. Untuk itu, perlu adanya climbing frame sebagai akses masuk ke dalam operator's cab.

Cara Kerja mobile Crane

Pada dasarnya, cara kerja mobile crane ini cukup sederhana. Dalam penggunaannya akan ada beberapa mekanisme: bergerak, mendongkrak, dan memutar. 

Mobile crane juga akan bekerja sesuai prinsip kerja momen, tegangan tali, keseimbangan beban, kekuatan mesin, dan juga kemampuan berputar 360 derajat.

Pada bagian mobile crane, akan terbagi menjadi dua: bagian bawah dan bagian atas. Kedua bagian ini akan terhubung oleh lempeng putar, sehingga mobile crane tetap dapat bergerak secara vertikal.

Saat proses hoisting atau pengangkatan, motor akan bergerak atau berputar guna menarik-ulur kabel baja yang sudah tersambung dengan pulley. Nah, saat mobile crane memindahkan material atau beban, beban yang sudah terkait pada ujung kabel crane akan mengikuti pergerakan dan perputaran dari mesin.

Sementara jika hendak memindahkan beban dengan radius jarak lengan derek, mobile crane akan melakukan proses pemutaran dengan memanfaatkan tenaga hidrolik. Tenaga hidrolik ini terhubung pada swing motor, sehingga bagian menara pada tiang utama crane akan berputar.

Penutup

Jadi, itulah tadi pembahasan seputar bagian-bagian mobile crane lengkap beserta cara kerjanya. Mobile crane yang merupakan alat khusus untuk mengangkat benda-benda berat tentu memiliki bagian-bagian khusus dan cara kerja yang berbeda.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama