Alat Pengukur Kebisingan Suara Atau Sound Level Meter

Konten [Tampil]

 

Sound Level Meter.jpg

coolsmartphone.com

Alat pengukur kebisingan merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting digunakan dalam laboratorium akustik. Biasanya penggunaan alat ini ditujukan untuk suatu hal tertentu. Kemudian mencari korelasinya dengan tingkat besaran yang lain sebelum akhirnya dilakukan pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan data yang ada.


Mengenal Secara Sekilas Tentang Alat Pengukur Kebisingan Sound Level Meter


Sesuai dengan namanya, Sound Level Meter ini merupakan sebuah alat khusus yang memang digunakan untuk mengukur tingkat kebisingan pada suatu area tertentu. Terkadang alat ini juga bisa disebut sebagai decibel meter portable.


Pada umumnya alat untuk mengukur tingkat kebisingan ini digunakan dalam industri yang berkaitan dengan masalah kebisingan dalam proses produksinya. Seperti contohnya adalah pada industri kaleng dan industri lainnya yang berpotensi memberikan dampak polusi suara pada lingkungan di sekitarnya.


Menggunakan alat ini, Anda bisa mengukur dan memperkirakan tingkat pencemaran suara yang terjadi pada lingkungan tertentu. Alat ukur desibel meter portable ini umumnya sudah berbentuk digital sehingga memudahkan para pengguna dalam membaca hasil pengukuran yang dilakukan.


Keunggulan  Sound Level Meter Digital


Sound Level Meter umumnya memiliki model dan spesifikasi tertentu sesuai dengan tujuan dan ranah penggunaannya. Pada umumnya, alat untuk mengukur tingkat kebisingan ini sudah menggunakan teknologi digital untuk proses pengukurannya. Sebab teknologi ini memiliki banyak kelebihan yang bisa diandalkan. Diantaranya adalah sebagai berikut :


  • Sound Level Meter bersifat portable sehingga mudah dibawa kemana-mana.

  • Dibekali dengan layar LCD yang cukup jelas menampilkan hasil pengukuran.

  • Cukup hemat daya baterai dalam penggunaannya.

  • Sound Level Meter sangat mudah untuk digunakan.

Cara Menggunakan Sound Level Meter Untuk Mengukur Kebisingan


Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kebisingan.


  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan alat ukur Sound Level Meter yang Anda miliki.

  2. Kemudian memilih mode pengukuran yang akan digunakan. Kalau kebisingan yang ingin diukur bertipe continue atau berkelanjutan tanpa banyak jeda maka silahkan pilih mode pengukuran fast. Kemudian kalau tingkat kebisingan yang akan diukur sifatnya terputus-putus, silakan pilih mode slow.

  3. Selanjutnya silahkan Anda bisa memilih selector range intensitas kebisingan.

  4. Berikutnya Anda bisa menentukan lokasi atau area yang akan diukur tingkat kebisingannya.

  5. Pada proses pengukurannya, Anda bisa melakukan pengamatan selama 1-2 menit dengan sekitar 6 kali pembacaan agar hasilnya lebih akurat. Hasil pengukuran kebisingan akan ditunjukkan pada layar monitor digital pada alat ukur tersebut.

  6. Silakan Anda bisa mencatat hasil pengukuran tersebut kemudian mencari nilai reratanya untuk memperkirakan tingkat kebisingan di area tersebut.


Demikianlah pembahasan mengenai alat pengukur kebisingan dan seluk-beluknya yang perlu Anda ketahui. Kini Anda bisa mengetahui tingkat kebisingan suatu area tertentu dengan memanfaatkan pengukuran akurat menggunakan Sound Level Meter.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama