Jenis-jenis APAR Sesuai Jenis Kebakarannya

Konten [Tampil]

 

Jenis-jenis Apar

 Kebakaran terjadi dari sumber mana pun, dan itu terjadi pada waktu yang tidak terduga.  Api bisa dalam bentuk apapun, kebakaran dapur, kebocoran listrik, kebakaran industri, kebakaran kantor, kebakaran mobil, dll. Setiap jenis api memiliki alat pemadamnya sendiri.  Api dari dapur harus dipadamkan dengan air, sedangkan kayu, kertas, dll. Bisa ditutup dengan pemadam berbentuk bubuk.  Biasanya, api Kelas A dipadamkan oleh air.  


Alat pemadam kebakaran rumah tangga mudah ditangani dan dapat digunakan dengan instruksi sederhana.  Kantor dan industri biasanya memiliki alat pemadam kebakaran tetapi tidak dapat digunakan untuk memadamkan api besar.  


Alat pemadam api CO2 sebagian besar digunakan untuk risiko kebakaran listrik, dan ini biasanya merupakan jenis pemadam api utama yang digunakan di ruang server komputer.  Mereka juga memadamkan api Kelas B Alat pemadam kebakaran memiliki peringkat berdasarkan penggunaannya.  A B dan C adalah nilai rata-rata yang dimiliki alat pemadam kebakaran.


Jenis-jenis APAR Sesuai Jenis Kebakarannya


 Alat Pemadam Kebakaran ABC:


 Mono ammonium phosphate, ABC Dry Chemical, ABE Powder, tri-class, atau multi-purpose dry chemical adalah alat pemadam kimia kering yang digunakan pada kebakaran kelas A, B, dan C.  Bahan kimia kering ABC adalah campuran mono-amonium fosfat dan amonium sulfat, dimana mono amonium fosfat aktif.  Ini dapat digunakan untuk semua jenis api;  api dari kertas, kayu, dan plastik yang terbakar, api dari kebocoran listrik dan api dari cairan atau gas.  Para ahli atau profesional kebanyakan menangani alat pemadam kebakaran ABC.


 Alat Pemadam Api BC:


 Alat Pemadam Kebakaran BC juga disebut Alat Pemadam Kimia Kering.  Ini memadamkan api Kelas B dan Kelas C.  Kebakaran kelas B terjadi dari cairan yang mudah terbakar.  Kebakaran Kelas C terjadi pada peralatan listrik yang diberi energi.  Mereka diisi dengan kalium atau natrium bikarbonat atau CO2.  Ini mampu menangani berbagai kecelakaan kebakaran.


 Alat Pemadam Kebakaran Kelas B:


 Api kelas B adalah api yang berupa cairan atau gas yang mudah terbakar, minyak minyak, ter, minyak, cat berbahan dasar minyak, pelarut, lak, atau alkohol.  Alat Pemadam Kebakaran Kelas B adalah alat pemadam CO2 yang mengandung gas terkompresi.  Alat pemadam kimia kering mengandung bahan pemadam dan gas terkompresi yang tidak mudah terbakar untuk mendorong bahan pemadam ke api.


 Alat Pemadam Kebakaran Kelas C:


 Alat pemadam api kelas C cocok untuk kebakaran pada peralatan listrik bertegangan.  Mono amonium fosfat dan natrium bikarbonat adalah bahan pemadam yang umum digunakan untuk memerangi jenis api ini karena sifat non-konduktifnya.  Alat pemadam api Kelas C ditetapkan sebagai alat pemadam kebakaran Kelas E oleh sistem Australia.


 Alat Pemadam Kebakaran Kelas D:


 Alat pemadam api Kelas D secara alami membutuhkan bahan pemadam dalam jumlah yang signifikan untuk mengembun dan mencekik api sepenuhnya.  Alat pemadam ini dirancang sedemikian rupa untuk mengirimkan zat pembeda dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat membentuk lapisan esensial, dan bahan pemadam dipilih agar tidak aktif untuk logam yang paling sensitif.


Alat Pemadam Kebakaran Kelas K:


 Alat pemadam api kelas K bekerja berdasarkan prinsip saponifikasi.  Saponifikasi terjadi ketika campuran kimia seperti kalium asetat, kalium sitrat, atau kalium karbonat digunakan untuk membakar minyak goreng atau lemak.  Campuran alkali tersebut dikombinasikan dengan asam lemak dan menciptakan lapisan busa sabun di permukaan yang menahan uap dan uap serta memadamkan api.


 Alat Pemadam Kebakaran Fireball:


 Alat pemadam bola api adalah cara sederhana untuk memadamkan api.  Bola kaca besar terdiri dari CTC yang ketika dilempar ke api akan langsung bereaksi.  Air asin sebelumnya telah diisi;  sekarang bola itu memiliki Potasium Bikarbonat.  Ini bisa digunakan untuk menyalakan api kecil yang pecah dari kertas atau kayu.


 Jenis dan Kegunaan Alat Pemadam Api

 Meskipun ini adalah kombinasi alat pemadam kebakaran, berikut beberapa jenisnya yang berguna.


 1. Alat Pemadam Air:


 Alat pemadam air paling baik digunakan untuk melawan bahan bakar partikel padat seperti kertas, kayu tekstil, dll. Alat pemadam ini hemat biaya dan selanjutnya diklasifikasikan menjadi empat jenis.


 Pemadam Jet Air: Biasanya, ini melibatkan penyemprotan air ke atas yang terbakar dan dengan demikian mendinginkannya.  Ini membantu mencegah kemungkinan penyalaan kembali material.  Namun, mereka tidak digunakan di atas peralatan listrik bertegangan dan perawatan harus dilakukan untuk memastikan hal yang sama.

 Pemadam Air dengan Aditif: Alat pemadam semprotan air memiliki aditif seperti bahan kimia yang ditambahkan ke dalamnya.  Ini adalah bahan kimia berbusa.  Saat bahan kimia ditambahkan, air cenderung kehilangan tegangan permukaan alaminya dan oleh karena itu dapat meresap sepenuhnya ke dalam bahan yang terbakar.

 Alat Pemadam Semprotan Air: Mereka diketahui menggunakan tetesan air halus dalam bentuk semprotan dan masing-masing tetesan ini memiliki udara non-konduktif di sekitarnya.

 Alat Pemadam Kabut Air: Ini menyebarkan air dalam bentuk kabut atau kabut dan tetesan ini jauh lebih kecil daripada yang tersebar dari semprotan air atau jenis lainnya.  Ketika tetesan kecil, luas permukaan akan lebih besar dalam kaitannya dengan ukurannya.  Artinya, tetesan air lebih cepat menguap, sehingga lebih cepat menyerap panas.


 2. Alat Pemadam Busa:



 Ini adalah dan dapat digunakan pada kebakaran Kelas A dan Kelas B.  Biasanya, mereka digunakan untuk memadamkan api yang muncul dari sumber cairan, seperti bensin dan solar.  Dalam hal penggunaan, alat ini jauh lebih baik daripada alat pemadam jet air karena alat pemadam busa juga dapat digunakan pada benda padat seperti kayu dan kertas.  Busa akan menutup permukaan cairan dan dengan demikian akan mencegah uap yang mudah terbakar bersentuhan dengan udara.  Salah satu kelemahannya adalah tidak dapat digunakan pada api cair yang mengalir bebas.


 3. Alat Pemadam Bubuk:



 Ini adalah alat pemadam api serbaguna yang dapat digunakan pada kebakaran Kelas A, Kelas B, dan Kelas C.  Mereka juga kadang-kadang digunakan pada api yang keluar dari peralatan listrik.  Tapi mereka tidak benar-benar mendinginkannya, sehingga membuat ruang untuk penyalaan ulang.  Alat pemadam bubuk ini tidak direkomendasikan untuk digunakan di dalam gedung atau ruang tertutup.


 4. Alat Pemadam Karbon Dioksida:


 ini umumnya lebih disukai di ruangan di mana terdapat banyak peralatan listrik.  Biasanya, mereka digunakan di ruang server atau ruang kantor.  Mereka tidak meninggalkan residu atau tanda apa pun setelah menggunakannya, tidak seperti alat pemadam busa yang biasa melakukannya.  Alat pemadam kebakaran karbon dioksida juga dapat digunakan dengan api Kelas B, seperti parafin atau bensin.


 Tingkatan Kelas Api

 Bagi Anda yang benar-benar baru dalam membeli alat pemadam kebakaran, berikut adalah berbagai kelas yang harus Anda ketahui.  Jika Anda bertanya-tanya apa yang kami maksud dengan jenis api Kelas A, B, dll., Ini ide singkatnya.


  1.  Kelas A: Kelas A digunakan saat bahan yang terbakar adalah padatan.  Misalnya kayu, kertas, plastik dan tekstil.
  2.  Kelas B: Kelas B dimaksudkan untuk cairan yang mudah terbakar seperti bensin dan minyak.  Minyak goreng dan lemak lainnya tidak disertakan di sini.
  3.  Kelas C: Kelas C untuk semua jenis gas yang mudah terbakar seperti propana dan butana
  4.  Kelas D: Kelas D mengatasi api pada kasus logam, seperti titanium, magnesium, atau aluminium.
  5.  Kelas E: Jika terjadi kebakaran pada peralatan listrik, Kelas E lebih disukai.
  6.  Kelas F: Saat terjadi kebakaran karena minyak goreng dan lemak, Kelas F digunakan.


 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli APAR


 Perhatikan hal-hal ini saat Anda hendak membeli alat pemadam kebakaran.


 Peringkat: lakukanlah!  Peringkat benar-benar penting di sini.  Anda akan melihat peringkat atau terkadang lima kelas tercetak di atasnya.  Dalam kasus industri yang rentan terhadap tingkat kebakaran yang lebih tinggi, kombinasi kelas seperti ABC dan BC lebih disukai.  Anda harus memilihnya berdasarkan kelas api.  Bangunan tempat tinggal dilengkapi dengan kelas api yang mungkin sesuai dengan kebutuhan mereka.

 Bahan: Bahan pemadam juga perlu beberapa pertimbangan.  Karena setiap kelas api digunakan untuk membakar bahan bakar yang berbeda, Anda mungkin memerlukan zat kimia unik untuk memadamkan api, tergantung pada penggunaannya.

 Kapasitas: kapasitas alat pemadam kebakaran dimaksudkan untuk melayani tujuan yang berbeda.  Misalnya, 1kg atau 0,5kg akan cocok untuk kendaraan dan sebaliknya, yang di atas 4kg dimaksudkan untuk penggunaan Industri.  Oleh karena itu perlu untuk memutuskan kapasitas alat pemadam kebakaran dan, ini pada gilirannya akan tergantung pada jenis penggunaan yang Anda inginkan.

 Sertifikasi: Semua alat pemadam kebakaran, baik jenis maupun kelasnya, membutuhkan tanda sertifikasi BIS / ISI.

 

Tips Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan

 1. Untuk menghindari kebakaran dapur, benda yang mudah terbakar harus dijauhkan dari sumber api.

 2. Api dari mobil tidak boleh diolah dengan air.

 3. Kebocoran listrik harus diatasi dengan pemadam api berbentuk bubuk dan bukan air.

 4. Jika terjadi kebocoran pada LPG, jangan menyalakan atau mematikan lampu yang dapat menyebabkan kebakaran yang sangat parah.

 5. Hindari merokok di dalam bus, kereta atau mobil yang sedang bergerak agar tidak terjadi kebakaran.

 6. Alat pemadam api portabel atau mini dapat digunakan saat bepergian.

 7. Dianjurkan untuk memiliki alat pemadam kebakaran rumah tangga di rumah-rumah untuk memadamkan api kecil.

 8. Kebakaran harus ditangani dengan peralatan yang tepat.

 9. Mencegah anak-anak bermain api.

 10. Alat pemadam api ABC dapat digunakan di rumah-rumah, seperti kertas, kayu, dan plastik.

 11. Alat pemadam api kelas B harus dimiliki di industri, karena api dapat keluar dari cairan dan pelarut kapan saja.

 12. Kantor harus memiliki alat pemadam kebakaran BC untuk memadamkan api dari kebocoran listrik.

 13. Alat pemadam api kelas K menjadi barang wajib di industri yang bekerja dengan bahan baku berbasis minyak bumi.


 Api adalah monster yang hidup dan mematikan.  Api langsung dimulai dari satu percikan dan pecah sangat besar, ini diketahui sebelumnya dapat dicegah.  


Alat pemadam kebakaran berfungsi sebagai penyangga hidup jika terjadi kebakaran, tetapi penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan bencana.  Berbagai jenis alat pemadam kebakaran, misalnya A, B, C, D dan K masing-masing dibuat dengan campuran bahan kimia yang berbeda baik kering maupun cair.  


Air secara umum dikenal sebagai pemicu air, tetapi hal ini terkadang dapat menyebabkan bencana;  jadi selalu disarankan untuk menggunakan alat pemadam api yang tepat untuk menyalakan api.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama