Apa Itu ISO 45003? Penjelasan Lengkap Tentang Kesehatan Psikologis Di Tempat Kerja

Konten [Tampil]
Apa itu ISO 45003


Banyak kemudian orang bertanya, apa itu ISO 45003 ini. Pertanyaan yang diajukan juga seputar apa bedanya dengan ISO 45001? Nah daripada kita bingung. Ada baiknya simak artikel yang dibuatkan khusus untuk Safetyzen Ruang HSE.


Definisi ISO 45003


ISO 45003 adalah suatu standar terbaru yang memiliki tujuan untuk memberikan dukungan yang baik tentang masalah kesehatan dan keselamatan psikologis di tempat kerja. 


Di tahun 2020 adalah tahun dimana sangat banyak pekerja dan juga karyawan lain yang alami tekanan, stres dan juga kekhawatiran yang berlebihan akibat pandemi ini. Oleh karena itu, perlu adanya suatu standar yang bisa mengelola kesehatan mental dan juga psikologis seseorang di tempat kerja.


ISO 45003 ini dibentuk pada bulan Juni 2020. Pada saat itu, para ahli K3 di seluruh dunia yang dihadiri oleh 41 negara dan 6 organisasi internasional turut menyusun draft tersebut. 


Isi dari ISO 45003


ISO 45003 berisi standar global yang memberikan panduan praktis dalam hal pengelolaan kesehatan psikologis di tempat kerja. ISO terbaru ini akan memberikan panduan terkait dengan manajemen risiko psikososial. Hal ini adalah bagian dari suatu sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja atau SMK3. 


Isi dari standar ini adalah 


1. Bagaimana mengidentifikasi kondisi, keadaan dan tuntutan di suatu tempat kerja. Tuntutan ini berpotensi bisa mengganggu kesehatan dan kesejahteraan psikologis pekerjanya. 

2. Bagaimana untuk mengidentifikasi faktor utama dari risiko psikososial dan menilai risiko tersebut guna menentukan perbaikan yang memang diperlukan untuk meningkatkan lingkungan kerja yang jauh lebih aman dan sehat.

3. Bagaimana untuk mengidentifikasi serta mengendalikan bahaya yang terkait dengan pekerjaan serta mengelola risiko psikososial dalam SMK3.


Target Standar ISO 45003


Setelah mengetahui apa itu ISO 45003, sekarang kita harus bisa menjawab pertanyaan untuk siapakah ISO 45003 ini? 


1. ISO ini berlaku untuk semua ukuran dan sektoral organisasi guna pengembangan, pengimplementasian, pemeliharaan, dan perbaikan yang berkelanjutan untuk menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat.

2. ISO 45003 ini dirancang untuk membantu seluruh organisasi dalam menjalankan SMK3 yang didasarkan pada ISO 45001

3. Standar ini juga berlaku untuk organisasi yang belum menerapkan SMK3. 

4. ISO 45003 saat ini memang sedang dalam tahap drafting. Secara teknis hal ini bisa berlangsung secara akurat 95%. Dengan begitu, konten inti dari ISO ini tidak akan berubah.


Manfaat ISO 45003


Setelah mengetahui apa itu ISO 45003, sekarang sahabat safety perlu tahu manfaat dari ISO ini. Adapun manfaat dari ISO 45003 antara lain :


Meningkatkan partisipasi pekerja dalam hal pengambilan keputusan

Meningkatkan proses retensi, rekrutmen dan keragaman

Meningkatkan proses keterlibatan pekerja

Meningkatkan daya inovasi

Mengurangi tingkat absensi alias ketidakhadiran seseorang akibat kelelahan, depresi dan juga kecemasan. 

Kepatuhan atas hukum


Nah itu dia apa itu ISO 45003. Pada intinya, ISO ini menjelaskan tentang pentingnya keselamatan mental dan psikologis dari seseorang. Tetaplah sehat dan selamat, salam safety!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama