Project Based Learning: SMKP K3 Politeknik Ketenagakerjaan

Konten [Tampil]


 


Sehubungan dengan Project Based Learning (PjBL) pada mata kuliah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan dosen pengampu Ibu Yusnita Handayani, SKM., MA maka bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yaitu dengan melakukan workshop mengenai Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan di PT Target Kelola Securindo. Pada kesempatan ini dilakukan pemberian materi oleh mahasiswa mengenai dasar hukum yang digunakan pada sektor pertambangan dan juga membedah 7 elemen Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan.

 

Pengabdian yang dilaksanakan di PT Target Kelola Securindo, Jl Ciputat Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240. Dengan mengadakan satu sesi materi mengusung tema “Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan” yang dibawakan oleh Kelompok 5 Mahasiswa Program Studi Keselamatan Kesehatan Kerja Tahun Angkatan 2021. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid yaitu secara tatap muka diikuti oleh 13 peserta yang hadir dalam ruang rapat H1 dan melalui zoom meeting yang dihadiri oleh 21 peserta.

 



 

Program pengabdian ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang sangat interaktif dan menarik yang meningkatkan pemahaman peserta, seperti :

      Pretest

Pretest merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melihat pemahaman peserta sebelum pemaparan materi mengenai Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan.

      Presentasi

Pemaparan materi dilakukan dengan membedah dan menjelaskan dasar hukum dan 7 elemen di dalam Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan.

      Sesi Diskusi

Melakukan tanya jawab antara peserta dengan presentator mengenai SMKP.

      Games dan Ice Breaking

Melakukan games tebak gambar dan Ice Breaking yang bertujuan membangun energi para peserta dan antusiasme sehingga lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan sampai selesai.

      Posttest

Posttest merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang sama dengan pertanyaan yang ada di kegiatan Pretest, yang bertujuan untuk melihat tingkat pemahaman setelah dilakukannya pemaparan materi mengenai SMKP.

 

Kegiatan dengan beberapa pendekatan diatas  berhasil memberikan pemahaman kepada peserta mengenai Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan dengan memaparkan dasar hukum dan membedah 7 elemen di dalam Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan.

 

 

Semoga dengan adanya program ini menambahkan semangat untuk terus berkarya dalam zona aman, sehat, dan nyaman. Kami hadir dengan tagline “Tambang Selamat Tambang Hebat” sebagai salah satu bentuk komunikasi yang bisa menjadi pengingat dan juga motivasi. (Deliana, Audi, Andi, Rindi, Rahman)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama