Informasi Lengkap tentang Konsultasi ISO : Keuntungan dan Tugasnya

Konten [Tampil]
Konsultan ISO


Apakah perusahaan Anda tengah kebingungan untuk mengimplementasikan manajemen ISO dengan benar? Jika iya, Anda bisa menyewa atau bekerja sama dengan seorang konsultan ISO yang profesional.

Penggunaan jasa Konsultan ISO untuk perusahaan atau organisasi, bisa memberi dampak signifikan terhadap proses implementasi manajemen ISO, lho ! Hal ini karena Konsultan ISO telah memahami seluk beluk dari aturan-aturan tersebut.

Hal-Hal Mengenai Konsultan ISO

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai Konsultan ISO yang perlu Anda pahami.

Apa Itu ISO?

ISO merupakan salah satu organisasi penetap standar internasional dari wakil badan standarisasi nasional dalam setiap negara untuk mengukur mutu suatu organisasi atau perusahaan. Lembaga ISO telah berdiri sejak 23 Februari 1947 yang bertugas menetapkan standar industri dan komersial secara global.

Walaupun ISO merupakan organisasi non-pemerintah, namun kemampuannya dalam menetapkan standar akan menjadi hukum dengan berbagai persetujuan atau standar nasional. Hal inilah yang membuatnya sangat berpengaruh dibandingkan organisasi non-pemerintah lainnya.

ISO juga memiliki hubungan yang kuat dengan pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk dalam badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan bonafide. Setiap perusahaan bisa ditentukan kredibilitasnya dengan kepemilikan yang standar ISO ini. Maka tak heran banyak perusahaan yang berlomba-lomba melakukan sertifikasi ISO.

Organisasi ISO adalah pihak punya peran utama dalam memfasilitasi perdagangan atau kerja sama internasional berjalan dengan semestinya.  ISO telah menetapkan spesifikasi internasional untuk hal-hal  seperti sistem, produk dan pelayanan agar bisa memastikan efisiensi, kualitas, hingga keamanannya.

Dengan begitu perusahaan, organisasi ataupun brand yang telah memiliki sertifikat ISO bisa bergabung dalam persaingan pasar global. Hal ini karena perusahaan tersebut telah memiliki jaminan kualitas produk atau jasa yang ideal dari ISO. 

Apa Itu Konsultan ISO?

konsultan ISO adalah seorang atau sekelompok yang memiliki spesifikasi keahlian dalam memberikan arahan atau pelatihan dalam penerapan sistem manajemen pada perusahaan atau organisasi yang sesuai dengan standar ISO. Konsultan ISO wajib dijabat oleh orang yang punya jejak rekam panjang dalam menangani berbagai macam permasalahan perusahaan dari berbagai bidang.

Tugas utama dari konsultan ISO adalah memastikan organisasi atau perusahaan Kamu menjalankan semua sistem manajemen ISO dengan baik dan sesuai persyaratan – persyaratan yang disepakati dalam ISO tersebut.

Bahkan seseorang memiliki pengalaman panjang menjadi management representative di suatu perusahaan dengan satu bidang, belum tentu bisa menjadi seorang konsultan ISO. Orang seperti ini hanya bisa menjadi konsultan untuk perusahaan yang memiliki bidang sama dengan perusahaan sebelumnya. 

Mengapa begitu? Hal ini disebabkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 punya klausul-klausul bersifat global yang mana diperlukan kejelian mendalam untuk menafsirkan klausul ISO di bidang pekerjaan tersebut.

Apa Saja Keuntungan Memakai Jasa Konsultan ISO? 

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan jika menggunakan jasa konsultan ISO:

  1. Meningkatkan Pemahaman Organisasi Mengenai ISO

Jika perusahaan atau organisasi ku ingin mengimplementasikan sistem manajemen ISO, tentu harus ada pihak yang memahami setiap sistem manajemen ISO, baik itu ISO 14001, ISO 9001, ISO 37001, ISO 45001, ISO 27001 dan masih banyak lagi. Oleh karena itu konsultan ISO punya peran sangat penting untuk membantu perusahaan dan organisasi meningkatkan pemahaman tentang sistem manajemen ISO yang akan di bangun.

  1. Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi 

Pengalaman dari konsultan ISO di dalam membangun sistem manajemen ISO di berbagai perusahaan dan organisasi, tentu dapat membantu menyelesaikan permasalahan organisasi dan perusahaan Anda dengan cara yang lebih efisien dan efektif. Terkadang, penyelesaian problem perusahaan atau organisasi memang membutuhkan orang ketiga, baik itu untuk mediasi ataupun rekonstruksi.

  1. Memberikan Saran Yang Tepat

Keahlian dan pengalaman yang dimiliki para konsultan ISO akan membantu perusahaan dan organisasi Anda dalam mengarahkan sistem manajemen ISO yang sedang dibangun. Konsultan ISO akan senantiasa memberikan arahan dan saran dalam membuat sasaran mutu, kebijakan mutu, prosedur, rencana, dan lainnya. 

Apalagi mengingat banyak perusahaan yang kadang punya konflik kepentingan yang membuat beberapa kebijakan malah tidak efektif dan bias. Konsultan ISO akan membantu memberikan saran yang tepat sesuai objektivitas yang ada.

  1. Membantu Perusahaan Melihat Risiko Proses Internal.

Konsultan ISO memungkinkan pelaksanaan simulasi audit internal pada organisasi atau perusahaan serta melakukan pre asses audit sebelum pelaksanaan audit sebenarnya oleh pihak eksternal. Saat audit, para auditor akan mereview dan memberikan evaluasi sistem manajemen ISO yang telah dirancang oleh organisasi Anda, bukan? Dengan begitu konsultan ISO akan memberikan input terkait dengan progress dan evaluasi dari sistem ISO yang sedang perusahaan jalankan.

  1. Mematangkan Persiapan Audit Eksternal 

Saat audit eksternal dilaksanakan oleh badan sertifikasi ISO,  konsultan ISO akan turut mendampingi perusahaan Anda hingga sertifikasi selesai. Sebelum itu konsultan ISO akan membuat simulasi audit pada perusahaan ANda sebagaimana yang akan dilakukan oleh lembaga sertifikasi ISO resmi. Saat simulasi inilah yang utamanya bisa dimanfaatkan organisasi atau perusahaan untuk melakukan evaluasi total sebelum pelaksanaan audit eksternal.

  1. Mampu Negosiasi dengan Lembaga Sertifikasi

Biasanya tiap konsultan ISO akan bekerjasama dengan lembaga sertifikasi ISO. Dengan begitu, konsultan memang telah memahami kontrak klien dengan lembaga tersebut. Dari sinilah konsultan ISO mampu memberikan bantuan kepada organisasi Anda dalam melakukan negosiasi bersama lembaga sertifikasi agar organisasi. Dengan begitu, persiapan Anda jauh lebih matang dan hasilnya pun bisa lebih optimal.

  1. Membantu Menjaga Sistem Manajemen ISO

Dengan adanya kontrak kerjasama dengan Konsultan ISO tentu dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan dan menjaga sistem manajemen ISO yang telah di bangun. Misalnya, ketika Konsultan ISO harus melakukan kunjungan rutin perusahaan yang baru mendapat sertifikasi ISO sebanyak 1 bulan sekali. Dengan begitu, implementasi sistem manajemen ISO bisa lebih terevaluasi dengan optimal.

Apa Saja Tugas Konsultan ISO?

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab Konsultan ISO yang harus Anda ketahui

  1. Memberikan training ISO saat awal pengadaan proses konsultasi ISO untuk memastikan pihak perusahaan atau organisasi telah memahami persyaratan sertifikasi

  2. Membantu perusahaan untuk mengembangkan sistem dokumentasi manajemen ISO, termasuk memilih proses apa saja yang memerlukan dokumen mutu atau rekaman mutu.

  3. Menginformasikan mengenai panduan pelaksanaan internal atau eksternal audit sistem manajemen ISO. Konsultan ISO harus memberi bimbingan pada perusahaan dalam menindaklanjuti ataupun mengevaluasi hasil temuan audit internal.

  4. Mengawasi dan membimbing pelaksanaan salah satu program wajib yang disyaratkan oleh sistem manajemen ISO seperti rapat tinjauan manajemen.

  5. Menyiapkan rapat audit pre-assessment bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi persyaratan ISO yang belum terimplementasi di perusahaan. Dengan begitu, kemungkinan ditemukannya hal yang bersifat majeure (fatal) akan sangat kecil bahkan tidak ada.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu Konsultan ISO, jika Anda tertarik silahkan menghubungi jasa-jasa Konsultan ISO yang terpercaya !





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama