Berapa Liter Oli Mesin Excavator untuk Merk Komatsu dan Caterpillar?

Konten [Tampil]


Excavator merupakan salah satu alat berat yang banyak dibutuhkan dalam setiap pengerjaan konstruksi maupun untuk membantu pekerjaan industri. Selain bisa dibeli, ada banyak tempat sewa excavator yang bisa Anda andalkan untuk membantu pekerjaan Anda. Namun sebelum Anda menggunakannya, Anda juga harus tahu terlebih dahulu mengenai berapa liter oli mesin excavator ini.

Pengertian, Jenis dan Berapa Liter Oli Mesin Excavator yang Dibutuhkan untuk Setiap Pekerjaan Konstruksi dan Industri


Excavator merupakan salah satu alat berat yang mungkin sering Anda lihat dalam setiap pekerjaan konstruksi. Namun sebenarnya, alat berat yang satu ini juga sering digunakan dalam setiap industri, perdagangan hingga perusahaan yang bergerak dalam bidang kargo dan juga pengiriman barang.


Untuk mengetahui berapa liter oli mesin excavator tentunya Anda harus mencari tahu mengenai jenis dan juga brand/merk dari excavator yang Anda gunakan. Karena hal inilah yang mempengaruhi kapasitas oli mesin pada excavator.


Beberapa merk/brand excavator yang ada saat ini diantaranya:


1.Excavator Backhoe Komatsu PC 78 Uu a 


Salah satu excavator yang memiliki panjang sekitar 2235 mm dan juga lebar sekitar 1870 mm ini sering digunakan untuk memindahkan material yang membantu dalam meringankan pekerjaan. Bukan hanya itu saja, excavator yang memiliki 6 silinder ini juga dirancang untuk mempercepat pengerjaan. Baik itu dalam proyek konstruksi maupun dalam bidang industri.


Sementara kapasitas oli mesin yang dibutuhkan oleh excavator jenis ini dalam melakukan pekerjaan yaitu sekitar 7,5 liter. Sedangkan untuk kapasitas oli mesin untuk excavator dengan sistem hidrolik bisa menghabiskan sekitar 110 liter. Namun untuk kapasitas bahan bakarnya diperkirakan hanya sekitar 125 liter saja.


2. Excavator Caterpillar 320


Selanjutnya ada excavator dengan jenis Caterpillar 320, atau yang sering disingkat dengan 320 Cat. Bisa dibilang, excavator jenis ini lebih mengedepankan pompa hidrolik yang besar serta kecepatan engine yang rendah. 


Meskipun demikian, dengan keunggulan tersebut tidak akan membuat excavator jenis Caterpillar 320 ini menjadi boros bahan bakar. Namun justru menjadikan penggunaan bahan bakar serta oli mesin yang rendah. Lalu berapa liter oli mesin excavator yang dibutuhkan untuk jenis Caterpillar 320 ini? Kapasitas oli mesin yang dibutuhkan yaitu sekitar 25 liter. 


Seemntara bahan bakar yang dibutuhkan diprediksi jauh lebih rendah dari merk excavator lainnya. Meskipun demikian, tangki bahan bakar pada excavator dengan brand ini dirancang dengan ukuran yang lebih besar, yang bisa menampung hingga 345 liter.


3. Excavator Komatsu Mini PC 75Uu


Meskipun berukuran lebih kecil dari ukuran excavator lainnya, namun excavator Komatsu mini PC 75Uu ini memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya kecepatan swing yang dihasilkan sekitar 10,2 rpm, dengan radius tali swing yaitu sekitar 14,9 m.


Lalu bagaimana dengan kapasitas bahan bakar dan oli mesinnya? Excavator Komatsu mini PC 75Uu ini memiliki tangki yang bisa memuat bahan bakar  hingga mencapai 24,4 gal atau sekitar 100 liter. Seemntara oli mesin hidraulik yang dibutuhkan yaitu sekitar 18,5 gal atau sekitar 70 liter.


Itu dia 3 brand excavator yang banyak digunakan dalam setiap proyek industri dan konstruksi. Jika Anda bertanya mengenai berapa liter oli mesin excavator dari ketiga merk diatas, maka Anda bisa menyimak ulasan diatas sekali lagi. Semoga informasi ini bisa sedikit membantu Anda.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama