Contoh Keselamatan Kerja Yang Perlu Anda Ketahui

Konten [Tampil]


 

thisisengineering-raeng-vEoMKBdUIzs-unsplash.jpg

Unsplash.com


Secara umum ada cukup banyak contoh keselamatan kerja yang bisa diterapkan dalam menjalani pekerjaan. Berbekal penggunaan keselamatan kerja yang baik maka diharapkan bisa menjamin keselamatan saat sedang bekerja. Terlebih bagi Anda yang bekerja pada bidang-bidang dengan tingkat risiko tinggi seperti konstruksi ataupun teknisi.



Contoh Keselamatan Kerja Yang Perlu Diketahui



Bagi Anda yang masih bingung dengan apa saja contoh mengenai keselamatan kerja, berikut adalah beberapa diantaranya.



1. Hindari Sikap Ceroboh Saat Bekerja

joe-holland-80zZ1s24Nag-unsplash.jpg

Unsplash.com

Salah satu contoh tentang keselamatan kerja yang cukup umum adalah menghindari sikap ceroboh saat sedang bekerja. Perlu Anda ketahui, ceroboh merupakan sikap yang berbahaya dan bisa saja meningkatkan risiko kecelakaan kerja. Ketika Anda terlalu ceroboh, biasanya fokus yang dimiliki pun akan berkurang pada saat melakukan pekerjaan.



Maka dari itu, sangat penting untuk menghindari sikap ceroboh pada saat bekerja. Sebisa mungkin Anda perlu menjaga tingkat konsentrasi dan fokus yang tinggi. Tujuannya agar pekerjaan yang sedang ditangani tersebut bisa selesai dengan optimal dan maksimal.



2. Contoh Keselamatan Kerja : Menggunakan Perlengkapan Keamanan Kerja

jeriden-villegas-VLPUm5wP5Z0-unsplash.jpg

Unsplash.com

Contoh berikutnya yang terkait dengan keselamatan kerja  adalah menggunakan perlengkapan keamanan kerja yang tepat dan optimal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penting bagi Anda untuk mengenakan alat-alat penunjang keselamatan kerja.  Sebab alat-alat tersebut bisa digunakan untuk meminimalisir risiko kecelakaan saat bekerja.



Sangat dianjurkan untuk mengenakan perlengkapan keselamatan yang memang sesuai standar yang telah ditetapkan. Sebab perlengkapan yang sudah memenuhi standar umumnya lebih aman ketika digunakan.



Sebagai contoh, bila Anda bekerja di sektor konstruksi mengenakan helm safety proyek merupakan hal yang sangat penting. Selain itu, ada juga kacamata safety, sarung tangan safety, sepatu safety, dan berbagai macam perlengkapan safety lainnya. Pastikan Anda mengenakan sesuai dengan wilayah ranah kerja yang dimiliki. 



3. Patuhi Peraturan Kerja yang Berlaku

emmanuel-ikwuegbu-_2AlIm-F6pw-unsplash.jpg

Unsplash.com

Pada umumnya, setiap lingkungan kerja tentunya memiliki peraturan tersendiri. Hal ini bertujuan untuk membuat pekerja menjadi nyaman dan juga aman dari berbagai macam risiko. Maka dari itu, Anda perlu mematuhi peraturan-peraturan kerja yang berlaku tersebut semaksimal mungkin.



Sebagai contoh, setiap memasuki wilayah proyek konstruksi maka Anda diharuskan mengenakan berbagai macam perlengkapan safety. Misalnya saja sepatu boots, helm safety, dan juga pakaian khusus yang dikenakan oleh para pekerja konstruksi. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan para pekerja yang berada di dalam area konstruksi tersebut.



Demikianlah beberapa contoh keselamatan kerja yang perlu Anda ketahui. Kini Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mencari contoh-contoh terkait dengan keselamatan dalam dunia kerja. Mengingat bahwa keselamatan adalah hal yang sangat penting, pastikan kalau Anda tidak mengabaikan aspek yang satu ini.









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama