Kenali Makna Helm Safety Merah

Konten [Tampil]

 

red hard hat on pavement\

Unsplash.com

Jika Anda bekerja di sebuah kawasan proyek, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pemAndangan para pekerja yang menggunakan helm dengan warna yang berbeda-beda. Ternyata di setiap warna helm itu memiliki maknanya tersendiri.

Nah, jika Anda penasaran dengan safety helm merah, baca artikel ini hingga habis untuk mengenali makna safety helm merah.

Bagaimana dengan Makna Safety Helm merah?


Anda mungkin sudah tidak asing dengan pemAndangan helm merah, atau Anda pernah memakai helm dengan warna tersebut? Tau tidak sih, ternyata di balik helm yang berwarna merah ini memiliki makna istimewa.


Merah yang biasanya diartikan sebagai pemberani, sehingga helm merah ini digunakan untuk petugas safety alias keselamatan, karena mereka ikut serta bertanggung jawab dalam memeriksa sistem keselamatan para pekerja yang ada di kawasan sekitar proyek.

Hal yang wajar apabila Anda melihat petugas dengan helm merah selalu ngomel-ngomel alias cerewet, sebab  tugasnya memang seperti itu menjaga keselamatan para pekerja, untuk mengurangi kecelakaan yang bahkan mengakibatkan cedera. 

Pengguna helm merah ini memang terbilang sedikit, sebab petugas safety helm merah memiliki jumlah tertentu.

Lantas, bagaimana tugas seorang safety?

Anda penasaran dengan tugas para safety? Di bawah ini adalah uraiannya.

  1. Mengenali dan memetakan potensi bahaya terjadi

Yang pertama tugas safety helm merah yakni bertugas untuk mengenali ataupun mengidentifikasi dan memetakan potensi bahaya terjadi, hal ini dilakukan untuk menghindari atau mengurangi kecelakaan.

  1. Membuat gagasan program K3

petugas Safety bekerja untuk melakukan usaha preventif dengan tujuan mengurangi terjadinya kecelakaan di kawasan proyek atau pekerjaan.

  1. Membuat dan memelihara dokumen yang berkaitan  K3

Dokumentasi adalah aspek penting bagi perusahaan itu sendiri apalagi dokumen yang berkaitan dengan K3. Oleh sebab itu Safety harus membuat dan memelihara dokumen yang berkaitan dengan K3 sebagai salah satu cara menghindari kecelakaan yang terulang.

  1. Mengevaluasi terjadinya kecelakaan

Jika kecelakaan terjadi, maka petugas safety  helm merah harus melakukan evaluasi dalam tujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan bahkan tindakan preventif dan korektif yang diambil. 

  1. Penghubung pemerintah dengan perusahaan

Tugas terakhir yakni penghubung antara regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan kebijakan perusahaan sehingga, Safety harus memastikan perusahaan memenuhi kriteria yang ditetapkan pemerintah. 

Kelima di atas merupakan tugas seorang safety helm merah. Itulah betapa pentingnya petugas safety berada di lingkungan pekerjaan atau proyek, sebab bertanggung jawab dalam keselamatan dan kesehatan para pekerja. Sehingga jika Anda ingin bekerja sebagai safety helm merah, Anda harus memahami tentang kesehatan para dan keselamatan pekerja.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama