Inilah Beberapa Bagian Apar Dan Fungsinya Yang Wajib Anda Ketahui

Konten [Tampil]

  




 


Sumber gambar : endlessafe.com

RuangHSE - Suatu alat yang berupa tabung berwarna merah ini pasti sering Anda temui di tempat emergency umum, karena alat ini merupakan salah satu alat keselamatan yang wajib ada di suatu tempat ataupun kendaraan. Pada saat kondisi darurat alat ini akan berfungsi namun, apakah Anda bisa menggunakannya? Makanya penting untuk mengetahui beberapa bagian apar dan fungsinya.  

Apar atau Fire Extinguisher ini sebuah alat yang sebagai perlindungan dari kebakaran aktif untuk memadamkan api dan mengendalikan kebakaran kecil. Untuk penggunaannya terdapat sebuah instruksi yang jelas dan benar, maka dari itu sebelum Anda menggunakannya perlu mengetahui apa saja bagian – bagian yang  terdapat di Apar beserta fungsinya. Yuk simak selengkapnya berikut ini!




Beberapa Bagian Apar Dan Fungsinya 

Informasi lebih jelasnya tentang bagian – bagian yang terdapat di apar beserta fungsinya, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini! 

  1. Tabung (Tube / Cylinder)

Bagian utama dan penting dari apar adalah tabung, pada bagian tabung apar memiliki dasar yang datar dan bagian atas dengan bentuk kubah. Tube atau Cylinder tersebut terbuat dari bahan metal yang berkualitas tinggi yaitu baja. Bahkan pembuatan tabung apar juga melalui beberapa tahapan agar tabung tersebut kuat terhadap bahan kimia dan tekanan udara dari luar yang tinggi. 

Komponen yang bernama lain tube ini memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat penyimpanan extinguishing agent dalam memadamkan api. 

  1. Valve 

Selanjutnya Bagian apar dan fungsinya terdapat komponen dengan nama valve memiliki fungsi utama sebagai pengontrol atau pengatur sebuah aliran dari keluarnya extinguishing agent atau agen pemadam dari dalam tabung tersebut.  Selain itu komponen valve juga terdiri dari beberapa bagian antara lain, body, handle atau pegangan, locking pin, release lever, dip tube, dan pressure gauge.

  1. Hose Dan Nozzle

Komponen selanjutnya yang terdapat pada apar adalah Nozzle dan Hose yang memiliki fungsi masing – masing, untuk fungsi Nozzle adalah sebagai pegangan untuk mengarahkan media pada sumber api. Sedangkan pada komponen bernama Hose memiliki fungsi sebagai selang pengantar media yang berupa pipa dengan sifat yang fleksibel. 

  1. Bracket / Hanger

Salah satu komponen pendukung dari apar ini bernama Bracket atau hanger yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk gantungan air. 

  1. Extinguishing Agent Atau Media Pemadam isi Tabung 

Extinguishing ini berupa zat yang berfungsi untuk membatasi atau menghentikan penyebaran dan bisa memadamkan api. Pada umumnya terdapat banyak jenis dari zat ini yang penggunaanya bisa disesuaikan dengan situasi dan kelas api yang dihadapi. 

Nah itulah beberapa bagian apar dan fungsinya yang perlu Anda ketahui untuk digunakan pada sebuah keadaan darurat di tempat manapun. Semoga bermanfaat dan selamat membaca. 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama