Cara Mendapatkan Sertifikat Migas

Konten [Tampil]
Cara Mendapatkan Sertifikat Migas


Bidang pekerjaan minyak dan gas atau yang biasa disingkat dengan istilah migas adalah bidang pekerjaan yang memiliki risiko tinggi, biaya besar, serta kemampuan yang mumpuni. Namun begitu, bidang migas ini tetap banyak diincar oleh banyak orang. Salah satu faktor yang melatarbelakangi antusiasme masyarakat untuk bekerja di bidang ini adalah gajinya yang cukup besar. 



Walaupun antusiasme masyarakat untuk dapat bekerja di migas cukup tinggi, tentunya tak sembarang orang dapat bekerja di bidang ini. Migas yang merupakan bidang pekerjaan high risk, high cost, dan high technology. Oleh karena itu, pekerja di bidang ini haruslah orang-orang yang memiliki kompetensi mumpuni. 



Salah satu cara untuk mendapatkan pekerja dengan kompetensi kemigasan yang dibutuhkan, maka diperlukan adanya sertifikasi migas. Sertifikasi migas ini merupakan sertifikat keahlian dalam bidang migas yang diberikan untuk orang yang memenuhi kualifikasi. Bagi Anda yang ingin berkarier di dunia migas, maka Anda wajib menyimak cara mendapatkan sertifikat migas berikut ini.



Untuk mendapatkan sertifikat migas, Anda harus mengikuti ujian sertifikasi terlebih dahulu. Penyelenggara ujian sertifikasi ini dilakukan oleh lembaga-lembaga yang telah ditunjuk pemerintah sehingga tak sembarang instansi dapat melakukannya. Salah satu tempat terbaik dan terpercaya yang menyelenggarakan sertifikasi migas di Indonesia adalah Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Minyak, dan Gas Bumi (PPSDM Migas). 



PPSDM Migas merupakan suatu instansi pemerintah yang berada di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kegiatan sertifikasi kemigasan di PPSDM Migas memiliki dua sistem, yakni online dan offline. Walaupun memiliki dua sistem pelaksanaan, tetapi semua ujian dan materi yang dibawakan tidak memiliki perbedaan yang berarti. 



Cara Mendaftar Sertifikat Migas 


PPSDM Migas merupakan tempat penyelenggara sertifikasi migas terpercaya yang dapat Anda pilih. Cara mendapatkan sertifikat migas di PPSDM Migas dapat dimulai dengan melakukan pendaftaran. Anda tidak perlu khawatir karena pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi PPSDM Migas. 

Untuk dapat mendaftar sertifikasi di PPSDM Migas, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan.

Mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai anggota

Memilih jenis sertifikasi dan pelatihan yang diinginkan

Pihak PPSDM Migas melakukan verifikasi data secara online

Melakukan pembayaran ujian sertifikasi sesuai dengan jumlah tagihan

Pelaksanaan ujian sertifikasi 



Sistem Sertifikasi Migas


Satu-satunya cara mendapatkan sertifikat migas adalah dengan mengikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh instansi tertentu yang berwenang.  Saat ini, terdapat dua metode sertifikasi yang diterapkan, yakni offline dan online. 



Sistem online ini mulai diinisiasi dan diberlakukan karena adanya pandemi Covid-19. Dalam distance learning dan distance assessment, para peserta pelatihan dan sertifikasi akan mengakses materi pembelajaran melalui platform khusus, didukung forum diskusi menggunakan Zoom meeting, serta ujian sertifikasi dilakukan melalui portal web yang telah disediakan. 



Sedangkan sistem offline reguler biasa dilakukan dengan peserta mendatangi lokasi sertifikasi secara langsung. Peserta ujian sertifikasi melaksanakan berbagai kegiatan yang telah dijadwalkan sebelumnya, baik di kantor ataupun Tempat Uji Kompetensi (TUK) khusus yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan instansi resmi penyelenggara ujian sertifikasi migas.  



Apakah Anda jadi sudah lebih tahu tentang cara mendapatkan sertifikat migas? Apakah Anda tertarik ingin mengikuti ujian sertifikasinya? Apabila iya, selalu persiapkan diri Anda dengan matang mulai dari pendaftaran hingga masa ujian.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama